Gabungan Elemen Masyarakat Ciamis, Gelar Rapat Konsolidasi Aksi Tolak RUU HIP

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis,- Terkait pembahasan kembali Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang menimbulkan polemik dan menjadi perbincangan berbagai elemen masyarakat.

Puluhan organisasi masyarakat (ormas)yang tergabung dalam “Ciamis Bergerak” akan menggelar aksi unjuk rasa menolak RUU HIP tersebut yang direncanakan bertempat di Alun-Alun Ciamis dan Gedung DPRD Kabupaten Ciamis, Jum’at (03/07/20).

Dengan rencana tersebut, gabungan dari puluhan ormas menggelar rapat konsolidasi, bertempat di Aula Kampus Stikes Muhamadiyah Ciamis pada Minggu, (29/06/20).

Konsolidasi bertujuan untuk mengatur skema aksi penolakan, agar tetap terjaga kondusifitas,aman dan orasi berjalan

Hal tersebut disampaikan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Ciamis, H.Iif Taufiq El Haque sebagai tuan rumah sekaligus Korlap aksi unjuk rasa.

“Pada siang ini, Ormas Islam dan Ormas Nasionalis duduk dan berfikir bersama, dalam wujud melindungi dan membela keutuhan Pancasila yang berawal dari kesamaan rasa,” kata Iif.

Lanjut Iif, aksi pada Jum’at mendatang akan diisi dengan aksi orasi dan audiensi kepada DPRD Kabupaten Ciamis.

Rapat konsolidasi tersebut diantaranya, kata Iif menentukan judul dan tema besar dalam kegiatan aksi penolakan RUU HIP yang mana, agar aksi tersebut tersampaikan sehingga RUU HIP dicabut dan dibatalkan.

“Apa yang menjadi harapan kita semua, jangan sampai RUU ini disahkan menjadi Undang-undang dan dicabut. Hanya itu tidak ada yang lain,” terangnya.

RUU HIP sarat akan memecah belah anak bangsa, “Bukti dalam sejarah Ciamis, setelah 70 tahun kali ini kita baru benar-benar memiliki rasa yang sama, RUU HIP akan menggerakan seluruh anak bangsa apabila RUU HIP dipaksakan, maka dari itu kita harus bergerak bersama-sama, menyelamatkan Pancasila,” pungkasnya.

(31)