Bupati Dairi Gelar Diskusi Terbuka Dengan Guru Honorer Dan Para Kepala Sekolah di Kecamatan Sumbul Dairi

Pewarta : Amsar Marbun

Koran SINAR PAGI Dairi,,- Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu sebagaimana program dan visi misinya di saat kampaye calon Bupati Dairi yang masih segar dalam ingatan.

DR Eddy Keleng Ate Berutu, SH dalam pidato politiknya mengatakan bila pasangannya menjadi pemimpin yakni Bupati dan wakil Bupati di Kabuapten Dairi akan menjadikan Kabupaten Dairi unggul dan rakyat nya sejahtera kedepan.

Kabupaten Dairi unggul dibidang pertanian, unggul dibidang pendidikan dan akan membuat perobahan yang lebih kepada masyarakat yang sejahtera.

Bupati Kabupaten Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu, SH dan Wakil Bupati, Jimmy Sihombinh,SE dengan kerja keras membangu daerah ini.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, uang selalu berkunjung ke desa – desa untuk bertatap muka dengan masyarakat untuk menggali informasi untuk dijadikan sebagai masukan masukan pembanguanan yang butuh kan di desa.

Dengan demikian Bupati DR Eddy Keleng Ate Berutu dalam kunjungan nya di Desa Sumbul, Kecamatan Sumbul membuka diskusi terbuka bersama pendidik, guru, Kepala Sekolah, Guru Honorer guru Taman Kanak Kanak (TK) di di SMP Negri I Sumbul Kamis (25/06/20).

Diskusi terbuka digelar Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu usai menyerahkan bantuan sembako kepada guru honorer dampak Covid 19.

Kepala SMP Negeri 2 Sumbul, Ibnu Hajar dalam kesempatan itu menyampaikan beberapa masukan kepada Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Beberapa masukan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah adalah adanya beberapa kendala yang dihadapi saat melakukan pembelajaran di masa pandemi covid-19

Kepala SMP Negri 2 Sumbul, Ibnu Hazar mengatakan, dimasa wabah pandemi covid-19 ini, bahwa protokol kesehatan harus diikuti oleh para tenaga pengajar salah satunya proses pembelajaran yang harus dilakukan dengan sistem daring atau belajar dengan jarak jauh.

Ibnu mengatakan, dalam melakukan proses pembelajaran daring ini, mengalami beberapa kendala harus dihadaapi oleh guru untuk memberikan ilmu kepada anak didiknya, yakni jaringan internet yang terkadang tidak mendukung.

Ibnu juga menuturkan bahwa pihaknya dari SMP Negeri 2 Sumbul telah melakukan beberapa antisipasi yakni dengan membeli Chromebook untuk membantu para guru melakukan belajar secara daring.

“Kami harap chromebook bisa dimiliki oleh seluruh guru dan bisa dimiliki oleh seluruh sekolah di Kabupaten Dairi agar kekurangan guru di Kabupaten Dairi tidak menjadi penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Dairi,” ujar Ibnu yang berharap kepada Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu.

Sementara masukan dari guru honorer SMP, Nurbaya dalam kesempatan itu menyampaikan beberapa harapan kepada pemerintah Kabupaten Dairi memberi dana instensif bagi para guru honorer, ujar Nurbaya mengusulkan kepada Bupati DR Eddy Keleng Ate Berutu.

Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu mengapresiasi masukan dan usulan dari guru honorer tentang kesejahteraan para guru, khususnya guru honor.

Dia mengatakan, masalah insentif guru honor bukan hanya terjadi di Kabupaten Dairi saja, namun sudah menjadi masalah nasional di Indonesia, ujarnya.

Disebutkan, pemerintah Kabupaten Dairi saat ini sedang berupaya untuk mencari solusi terkait dengan hal itu, terlebih para guru guru yang memiliki kontribusi yang penting dalam memajukan mutu pendidikan di Kabupaten Dairi.

Bupati mengaku, telah mengirimkan surat langsung kepada Presiden Indonesia Joko Widodo menyangkut kesejahtraan guru honor di daerah ini. Oleh karena itu kita tunggu arahan Presiden RI, ujarnya.

(21)