Samsat Banjar Bagikan Bibit Tanaman, Kades Raharja, “Generasi Muda Jangan Gengsi Untuk Bertani”

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kota Banjar,- Petani merupakan ujung tombak dari ketahanan pangan, namun seiring dengan kemajuan teknologi dan pendidikan generasi bangsa yang kian tinggi, seolah – olah profesi sebagai petani mulai ditinggalkan, padahal profesi ini tidaklah hina, malah sebaliknya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Raharja, Yayat Ruhiyat saat menerima bantuan berbagau jenis bibit tanaman dari Samsat Kota Banjar yang di motori oleh Rusli selaku kordinator PPL kelompok tani hutan dan diterima secara simbolis oleh Kepala Desa Raharja, Rabu (25/06/20).

Adapun jenis bibit tanaman yang diserahterimakan tersebut antara lain, bibit Pohon Durian, Alpukat, Muncang dan yang lainnya.

Selain bertujuan untuk pelestarian alam, juga untuk meningkatkan daya beli kaum petani dengan mulai menanam jenis tanaman yang produktif, sehingga bisa memperbaiki perekonomian kaum buruh tani.

“Jenjang pendidikan sebaiknya tidak menjadi halangan atau ajang gengsi untuk hidup bertani kita lihat di kota kota lain generasi muda yang telah sukses bertani kenapa kita harus gengsi untuk hidup bertani ?” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua LSM Warmasindo DPC Kota Banjar, Ahmid, dirinya sangat mendukung sekaligus mengapresiasi atas bantuan bibit tanaman yang telah diberikan Samsat Kota Banjar tersebut.

“Mudah – mudahan ini menjadi motor kepada seluruh warga tentang kepedulian terhadap lingkungan dan peningkatan agropolitan Kota Banjar, tetutama dalam sisi ketahanan pangan,” ujarnya.

Anggota Kelompok tani hutan yang ikut dalam penerimaan bantuan tersebut diantaranya Dede Suherlan, Ade Mulyana, Aceng (Hasbi) dan Ruly Maulana, mengaku merasa senang mendapat bantuan tersebut.

“Dengan alasan apa lagi kita kaum generasi muda untuk gengsi dengan hidup bertani, mau apa yang kita wariskan kepada generasi nanti, Hutan yang rimbun dan bermamfaat atau hutan yang gundul dan rentan musibah longsor serta banjir, itu semua kita generasi penerus yang menentukan dan pihak Kehutanan yang menjaga kelestarian Hutan

Saat ini Kelompok Tani Hutan Cukang Gempol mulai membudidayakan tanaman tumpang sari seperti sayuran Cabai, Anggur dan tanaman hias juga tersedia.

Pos terkait

banner 468x60