PC IPNU IPPNU Banyumas Kembangkan Minat Bakat Pelajar Dengan Musikalisasi Puisi

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Dwi Arfin

Koran SINAR PAGI, Banyumas,– Dalam rangka pengembangan minat dan bakat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) di wilayah Kabupaten Banyumas. PC IPNU IPPNU Banyumas mengadakan kegiatan “Lomba Musikalisasi Puisi” yang bertemakan “Tadarus Puisi Pelajar Bermartabat dengan Pancasila”.

Peserta kegiatan lomba Musikalisasi Puisi ialah seluruh kader IPPNU di wilayah Banyumas, mewakili Pengurus Anak Cabang, Pimpinan Ranting, maupun Pimpinan Komisariat. Adapun pelaksanaan kegiatan tersebut telah dibuka bertepatan dengan peringatan Hari Lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni 2020.

Budi Mulyono Koor. Dep. Seni Budaya dan Olahraga PC IPNU Banyumas sekaligus Ketua Panitia mengatakan bahwa maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah memberi wadah untuk menuangkan buah pikiran para pelajar dalam sebuah karya. Menumbuhkan semangat kreativitas pelajar Nahdlatul Ulama khususnya di wilayah Kabupaten Banyumas.

“Penilaian oleh juri meliputi orisinal naskah puisi (bukan hasil plagiat), interpretasi/penghayatan, aransemen instrumen musikalisasi, harmonisasi.” tambahnya.

Peserta melalui tahapan antara lain: tahap penjurian, tahap voting like pada akun youtube PC IPNU & IPPNU Kabupaten Banyumas dan tahap pengumuman kejuaraan.

Adapun juara 1 berdasarkan penilaian juri diraih oleh Nurul Qomariyah dengan judul puisi “Dasar Negeriku” mendapatkan uang pembinaan Rp 500.000 dan sertifikat; juara 2 diraih oleh PAC IPNU IPPNU Kedung Banteng dengan puisi “Untukmu Ikatanku” mendapatkan Rp 350.000 dan sertifikat dan untuk juara favorit berdasarkan jumlah like terbanyak diraih oleh PAC IPNU IPPNU Sokaraja dengan puisi “Indonesiaku” mendapatkan uang pembinaan Rp 250.000 dan sertifikat.

“Pesan dari puisi tersebut kita sebagai warga negara Indonesia terutama pemuda pemudi Indonesia, kita harus bangga dengan Bangsa Indonesia, banyak keragaman didalamnya, banyak sejarah terkandung dalam bangsa kita. Sejarah tetap terukir dalam benak setiap warga Indonesia. Pancasila dasar negara yang mampu menyatukan bangsa Indonesia. Maka dari itu kita harus menjaga Pancasila. Bangun semangat 45 disetiap langkah kita. Jangan sampai kita terlena hingga Dasar Negara kita (Indonesia) dirubah oleh mereka yang tidak suka” kata Nurul Qomariyah.

Semoga dengan kegiatan ini mampu menyelesaikan amanah program kerja pengurus Departemen Seni Budaya dan Olahraga PC IPNU IPPNU Kabupaten Banyumas masa khidmah 2019-2021. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang memiliki jiwa kreatifitas yang tinggi. Dan semoga PC IPNU IPPNU Banyumas kedepan lebih mampu mengadakan lomba-lomba yang menginspirasi.

Pos terkait

banner 468x60