Edukasi Pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) di Desa Bunter

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis,- Edukasi dalam rangka parsiapan Adaptasi Kebiasaan Baru di Desa Bunter Kec.Sukadana, Kab.Ciamis, dilaksanakan pada hari Rabu (24/06/20).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sukadana, Asep Kholid Fajari, Kapolsek Sukadana, Iptu Asep Setiawan Prayatna, Batibung Sukadana, Serka TNI Sailan, Kepala Desa Bunter Tarso, perangkat desa, Kanit Binmas Polsek Sukadana, Aiptu Carwa, Kanit Intel Polsek Sukadana, Aiptu Eddy Heryanto.

Selain itu, hadir juga Babinkamtibmas, Aipda Yudi, Babinsa Desa Bunter Sertu TNI Pri Haryanto, Ketua BPD Desa Bunter beserta anggota, Ketua MUI Desa Bunter, para Kepala Dusun se Desa Bunter, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Camat Sukadana, Asep Kholid dalam sambutannya menyampaikan, perkembangan penyebaran Virus Corona (Covid 19) skala nasional masih terus meningkat, untuk itu tingkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Virus Corona, “Jangan pernah menganggap remeh terhadap Virus Corona,” katanya.

Sementara Kapolsek Sukadana IPTU, Asep Setiawan Prayatna mengatakan, imbas dari Virus Corona, pihak Kepolisian berinovasi membentuk Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di wilayah Kecamatan Sukadana, seperti yang telah dibentuk Kampung Tangguh Nusantara di Kampung Cigaleuh Kulon desa Ciparigi.

Menurutnya, Kampung Tangguh Nusantara bertujuan untuk menguatkan perekonomian didesa yang bersangkutan, agar tidak terjadi ketergantungan dengan wilayah luar desa, dengan harapan Desa Bunter sebagai penyangga bisa melakukan kegiatan imbangan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) yang ada di Ciparigi.

Sedangkan menurut Batibung Sukadana, Serka Sailan, masyarakat harus mengetahui, bahwa di wilayah Kecamatan Sukadana diberlakukan PSBB lanjutan.

Dikatakan, dengan pemberlakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) masyarakat jangan beranggapan bahwa wabah Virus Corona telah berakhir.

Selanjutnya, Kanit Binmas Polsek Sukadana menambahkan, dalam menjalankan Adaptasi Kebiasaan Baru masyarakat harus tetap mengacu pada protokol Kesehatan Pencegahan Covid 19, “Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa, serta selalu berdoa,” ujarnya.

Kanit IK Polsek Sukadana menyampaikan, dalam menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru / AKB, harus dilaksanakan secara gotong – royong, semua unsur masyarakan harus ikut berperan serta memerangi Covid 19, “Roda pemerintahan dan roda perekonomian harus tetap berjalan kembali, akan tetapi harus tetap menggunakan Protokol Kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona,” katanya.

Diawali dari Gugus Tugas turun ke bawah Kadus, Ketua RW, Ketua RT sampai level kepala keluarga harus sadar dan bisa menyadarkan masyarakat akan pentingnya melakukan Protokol Kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, tambahnya.

Kepala Desa Bunter Tarso, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Muspika Sukadana. Pihaknya akan bahu – membahu dengan masyarakat untuk menyampaikan himbauan.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut diberlakukan Protokol Kesehatan sebagai upaya Penanggulangan Penyebaran Covid 19.

(22)