A.Rifai : PT. PELINDO Cabang Berau Harus Lebih Profesional

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Niko

Koran SINAR PAGI, Tanjung Redeb,- Dalam rangka meningkatkan pelayanan pemanduan dan penundaan kapal di perairan Berau Pelindo Cabang Berau Bersama Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan Dan Pengguna Jasa Perairan Yang Ada Di Berau mengadakan
Rapat Evaluasi Terkait Tehkniks Dan Upah Pemanduan , Penundaan Kapal Di Ruang Rapat KUPP Pelabuhan Tanjung Redeb .

KUPP Kls II Tanjung Redeb mengatakan bahwa penyelenggaraan pemanduan Dan Penundaan Kapal telah diserahkan Kepada PT. Pelindo Cabang Berau , Dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor. 57 Tahun 2015 tentang Pemanduan dan Penundaan Kapal. “Sesuai Peraturan tersebut, pelayanan jasa pemanduan dan penundaan kapal diselenggarakan oleh Kantor Otoritas Pelabuhan (OP), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), atau Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP),”

Akan Tetapi Dengan Keterbatasan Pemerintah Maka PT.Pelindo Diberi Kewenangan Untuk Melaksanakan Pemanduan Dan Penundaan Kapal Terkhusus Di Wilayah Perairan Berau.

A.Rifai, Intinya PT . Pelindo Harus lebih profesional lagi untuk melaksanakan pemanduan kapal terutama yg mengangkut batubara yg melewati Galangan dan Perairan Bujangga

“PT Pelindo Cabang Berau sebagai pengelola pemanduan, menyediakan pelayanan jasa pemanduan dan penundaan kapal sesuai dengan ijin usaha , yang dimiliki berdasarkan pelimpahan wewenang pelayanan pemanduan Dan Penundaan Kapal dari Kementrian Perhubungan ,” kata Beliau dalam keterangannya Via Watshap.

Sementara Kepala Operasi Tekhnik , PT Pelindo Cabang Berau Yang Dikonfir Di Kantor nya , Rudi memaparkan, Evaluasi ini sekaligus menjadi wadah diskusi untuk menerima masukan dari para pengguna jasa dan memudahkan pemahaman tentang alur proses pelayanan. Lebih khususnya, pelayanan pandu dan tunda di perairan Pelabuhan Tanjung Redeb ..

“Pelindo Cabang Berau ke depan Akan mengembangkan sistem dimana nantinya pembicaraan selama pelayanan pandu baik dari pandu ke tunda maupun dari pandu ke kapal akan terekam. Dengan demikian pelayanan pandu akan lebih akuntabel,” ujar Rudi,red.

Pasca Evaluasi ini, KUPP dan Pelindo Cabang Berau akan berkorespondensi dengan para pemilik TUKS terkait profil terminal dan juga dengan pengguna jasa terkait kriteria terminal yang dibutuhkan. Dimana dari data tersebut akan memudahkan perencanaan alokasi pandu dan armada kapal pandu/tunda yang diharapkan pelayanan akan jasa pemanduan akan lebih optimal.

Sebagai tambahan informasi,
PT Pelindo Cabang Berau sebagai pengelola pemanduan menyediakan pelayanan jasa pemanduan dan penundaan kapal saat ini memiliki fasilitas Kapal Tunda, Motor Pandu, Pandu dan Pengawas Pemanduan. Sementara wilayah pemanduan meliputi Dermaga Umum, Terminal Untuk Kepentingan Khusus (TUKK)

Pos terkait

banner 468x60