Pemdes Air Masam Bagikan BLT DD Tahap II

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim,- Pemerintah Desa Air Masam Kecamatan Lubai kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap II bulan Mei 2020, Selasa (02/06/20).

Kepala Desa Air Masam, Armansyah bersama perangkat desa, dampingi Camat Lubai Edi Suprianto, Kapolsek Lubai, AKP Ahmad Bakre, Danramil kapten Art Broto Santoso, Babinsa, Babinkamtibmas, pendamping desa, Ketua BPD menyerahkan langsung BLT DD tahap dua kepada warga kategori miskin / rentan miskin, belum terdata, keluarga sakit menahun.

Pantauan koransinarpagijuara.com dilapangan, penyaluran BLT DD secara simbolis diserahkan langsung oleh kepala Desa Air Masam, Armansyah dengan tetap menyesuaikan pada protokol kesehatan menggunakan protap pemerintah tentang Covid-19.

Armansyah mengatakan, saat ini Desa Air masam sudah bisa merealisasikan penyaluran BLT DD tahap II bulan Mei 2020.

“Semoga penyaluran BLT DD ini membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19”, ujarnya,

Lebih lanjut, Armansyah menyampaikan bahwa, penggunaan Dana Desa untuk BLT DD, dilaksanakan sesuai dengan yang telah diatur dalam pengesahan keluarga calon penerima BLT DD.

Bantuan sebesar Rp.600 Ribu akan diterima selama tiga bulan dan pencairan saat ini merupakan tahap kedua bulan Mei yang disalurkan kepada KPM.

“Semoga Kepala keluarga yang menerima bantuan serta seluruh elemen masyarakat tetap rukun melawan Covid-19, dan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19”, tuturnya.

Armansyah juga menjelaskan, BLT DD ini beda dengan program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT). Karena BLT DD diberikan langsung berupa uang tunai kepada keluarga penerima manfaat

“Penerima BLT DD, tidak boleh rangkap dengan bantuan lain. Kalau dobel langsung dicoret. Itu juga ada pernyataan dari yang bersangkutan, bahwa belum menerima PKH, BPNT ,BST atau yang lainnya”, terangnya.

Sementara itu, warga yang tidak mau di sebutkan namanya menyampaikan, adanya penyaluran BLT DD ini merupakan bentuk kesungguhan desa untuk melayani dan membantu masyarakat khususnya Desa Air masam

Katanya, program ini merupakan bentuk nyata bahwa, Negara, Mendes, dan Pemdes benar benar hadir memberikan solusi kepada masyarakat di tengah pandemi Virus corona atau Covid-19 yang sangat berdampak terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat.

“Alhamdulillah berkat kerjasama antara Pemerintah Desa serta perangkat desa, Pendamping Desa, program BLT DD ini bisa tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran”, ucapnya.

Dia juga menyampaikan banyak terima kasih kepada pemerintah desa dan pemerintah pusat.

“Dengan adanya bantuan itu keluarga kami yang terdampak langsung dengan pandemi covid-19 merasa terbantu dan meringankan beban Keluarga kami”, sebutnya

Sementara, Camat Lubai, Edi Suprianto menghimbau agar semua bisa berjalan dengan baik aman dan damai, khususnya wilayah Kecamatan Lubai. Diketahui jumalah penerima BLT DD Desa Air masam berjumlah 118 KK.

(36)