Jalan Hotmix Kp. Cileungsing-Wanayasa Jadi Sorotan

Pewarta: Dede M. Ramlan

Koran SINAR PAGI, Kab. Purwakarta,- Menyikapi pemberitaan Media Online Harian Kriminal edisi  28 Mei 2020 berjudul “Gunakan DD Pembangunan Jalan Cileungsing Wanayasa Diduga Dipihak Ketigakan”, ternyata menuai kegaduhan dikalangan warga Masyarakat Desa Wanayasa Kabupaten Purwakarta Jabar.

Bukan hanya Warga Masyarakat Desa Wanayasa, pun Lembaga Pers yang tergabung di Forum Komunikasi Wartawan Purwasuka (Forkowap) menyayangkan tindakan seorang Pjs Kades Wanayasa Babang Sobarna, karna diduga tidak adanya keterbukaan terkait dilakukannya pembangunan hotmix jalan Kp. Cileungsing-Wanayasa, baik dengan Aparatur Desa maupun Warga Setempat.

Menyimak isi berita di Media Online Harian Kriminal, jelas terpampang bahwa Aparatur Desa seperti Ketua RT/RW dan Warga Setempat diantaranya tidak diajak kompromi dan koordinasi saat direalisasikannya penerapan Jalan Hotmix Kp. Cileungsing yang diduga diborongkan ke pihak ketiga itu.

Menurut Ketum Forkowap, H. Jenal Aripin saat dimintai keterangan awak media di wanayasa senin (1/6/20) menegaskan Pihak Pemdes dalam hal ini Pjs Kades Wanayasa Babang Sobarna seharusnya melibatkan Aparatur Desa dan Warga Setempat dalam pelaksanaan Penerapan Jalan Hotmix Kp. Cileungsing-Wanayasa tersebut. Terlebih Tim Pengelola Kegiatan (TPK) DD itu pun mengakui bahwa pekerjaannya itu diborongkan ke pihak ketiga.

Menurut H. Jenal, dalam Penggunaan Dana Desa semestinya pihak Pemdes Wanayasa lebih mengedepankan transparansi dan memposisikan Job Perangkat Desa atau TPK dalam pekerjaan penerapan Aspal Hotmix Jalan Kp. Cileungsing tersebut. Terlebih lagi dilokasi pekerjaan itu tidak terpampang adanya papan informasi proyek. Maka, tentu akan menimbulkan tanda tanya besar bagi warga masyarakat setempat.

Untuk itu, lanjut H. Jenal, kami mendorong Pihak Kompeten, baik Insfektorat maupun Institusi Kejaksaan Purwakarta agar melakukan investigasi ke lapangan lebih detail. Diantaranya, DD tahap berapa dan tahun berapa, Siapa Pemborong Pekerjaan Hotmix Kp. Cileungsing? sebagaimana yang di informasikan Ketua TPK Eman Sulaeman.

Selain itu, pokok utamanya adalah terkait hasil pekerjaan penerapan Hotmix Jalan Kp. Cileungsing yang sudah dilaksanakan tersebut.

Apakah penerapan pekerjaannya itu sesuai spesifikasi di RAB atau tidak. Silahkan, itu kapasitas Penegak Hukum yang mempunyai kewenangan melakukan penyelidikan maupun penyidikan nantinya.

(32)