Keluarga Penerima Manfaat Pertanyakan Waktu Pencairan BPNT

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis,- Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan program pemerintah yang sangat diharapkan pencairannya oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM), terlebih dimasa pandemi Covid 19 saat ini, yang berdampak negatif terhadap perekonomian masyarakat pada umumnya.

Seperti yang dituturkan Ketua For-Kom BPD Kecamatan Cisaga Ujang Supena, “Data calon penerima BPNT perluasan bertambah di Kecamatan Cisaga, namun pencairan yang sangat diharapkan warga, sampai saat ini belum ada imformasi, ironisnya pencairan malah keduluan dengan program yang lain seperti BLT Kemensos, BLT Dana Desa, PKH dan program Bansos lainnya,” ujarnya.

Menurut Ujang, hal ini menjadi beban moral bagi pihaknya yang berhubungan langsung dengan masyarakat, padahal pekerjaan perangkat desa dalam pendataan betul – betul merupakan pekerjaan ekstra, bahkan terkadang harus rela bekerja sampai larut malam, agar menghasilkan pekerjaan yang maksimal, tambahnya.

“Kami berharap kepada pihak terkait agar mempercepat pencairan BPNT, sehingga bisa menuntaskan polemik kecemburuan sosial yang ada di masyarakat bawah,” katanya.

Ujang menceritakan pengalaman pribadinya saat mendapat cibiran dari masyarakat, “Pernah terjadi, saat saya bertemu dengan keluarga penerima manfaat yang menanyakan tentang waktu pencairan BPNT, Pak bade iraha cair ?, ari di data pangpayuna ari cairna acan wae kalah kapayunan kunu sanes cekap dibebenjokeun ku Kartu Mandiri wae nya pak anu BPNT perluasan mah ?,” ucap ujang menirukan keluhan warga.

(Pak, kapan mau cairnya ?, didata sudah, tapi malah keduluan oleh program lain, cukup diberi harapan dengan Kartu Mandiri saja ya, warga penerima BNPT perluasan mah – red).

Diakui Ujang, hal ini secara tidak langsung membuatnya malu, seakan – akan dirinya hanya sorang pemberi harapan palsu, untuk itu, dia sangat berharap, pemerintah sesegera mungkin menjadwalkan pencairan program BNPT.

Pos terkait

banner 468x60