Bupati Dairi Tinjau Penyaluran Dana Desa di Kabupaten Dairi

Pewarta : Amsar Marbun

Koran SINAR PAGI, Sidikalang,- Bantuan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Propinsi Sumatra Utara dan Pemerintah Kabupaten Dairi telah menyalurkan bantuan untu warga yang kurang mampu Dampak Covid I9 .

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Brutu meninjau penyaluran bantuan Sosial Tunai BST bagi masyarakat yang kurang mampu dan yang berdampak Covid – 19, masih terus disalurkan melalui aparat Desa pada, Kamis (27/5/20) di Desa Sitinjo 2 demgan mendapat pengawasan dari aparat keamanan TNI dan Polri.

Dalam sambutan Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, pada masa Pandemi Covid-19 saat ini yang melanda seluruh dunia mengakibatkan situasi sulit yang dialami hampir seluruh lapisan masyarakat termasuk pemerintah.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, secara khusus masyarakat mengalami kesulitan baik ekonomi maupun sosial diakibatkan adanya batasan-batasan yang ditetapkan oleh Pemerintah demi mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19 yang semakin meluas.

“Penyebaran Covid-19 ini sangat berbahaya, hingga saat ini dalam mengatasi atau memutus penyebaran Covid-19 ini masih belum ditemukan obat maupun vaksin yang ampuh.

Cara yang efektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini hanya dengan melakukan sosial distancing, physical distancing dan menerapkan protokol kesehatan maupun menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) dapat dimulai dari diri sendiri, keluargga maupun lingkungan kita sendiri,“ Harap Bupati Dr Eddy Keleng Ate Berutu.

Lebih lanjut Bupati Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, kemampuan Pemerintah sangat terbatas, pada masa Pandemi Covid-19 ini .

Pemerintah berupaya dan bekerja keras demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu dimasa Pendemi Covid 19.

Eddy Keleng juga menyampaikan Jajarannya di Pemerintah Kabupaten dairi merupakan pelayan masyarakat, dan memiliki kewajiban untuk menjamin kesejahteraan masyarakat.

Berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah untuk menjamin kesejahteraan telah dilakukan salah satunya dengan menyalurkan BLT Dana Desa yang saat ini telah disalurkan kepada masyarakat. BLT Dana Desa.

Dia menjelaskan untuk memperoleh BLT Dana Desa tersebut harus melalui berbagai tahapan.

Tahapan yang sangat panjang dan sangat terbatas sehingga diharapkan kepada masyarakat untuk dapat mempergunakannya sebaik mungkin dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Bupati Dairi mengingatkan para perangkat desa untuk memajang nama-nama penerima bantuan di tempat umum agar masyarakat dapat mengetahuinya dengan cermat. Imbuh Bupati.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Sitinjo 2, Rony Bako dalam kesempatan itu menyampaikan rasa terimakasih dan mengucapkan selamat datang kepada Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan rombongan atas kunjungannya di Desa Sitinjo 2.

Sebelumnya, Rony Bako dalam laporan mengatakan bahwa jumlah penduduk untuk Desa Sitinjo 2 yang menerima BLT Dana Desa ada sebanyak 109 Kepala Keluarga (KK), meraka adalah masyarakat yang mengalami kesusahan dan terdampak secara ekonomi di masa Pandemi Covid-19.

“Setiap KK mendapatkan BLT Dana Desa sebesar Rp. 600.000 per bulan selama tiga bulan,” lapor Rony

Dalam kesempatan itu juga Kepala Desa menyampaikan kepada seluruh masyarakat yang belum mendapat bantuan jangan berprasangka buruk.

Menurutnya data saat ini suduah sesuai pendataan tim relawan di setiap dusun masing-masing, dan jika ada masyarakat yang belum terdata atau tidak sesuai segera disampaikan kepada perangkat desa.

Kades berpesan, semoga BLT ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu kepada kita semua mari kita ikuti anjuran pemerintah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

(36)