Betulkah Ada Pungutan Rp 2000,-/Siswa/Kwartal Dari Dana BOS?

Pewarta : Tim Liputan Lintas Media (Koran SINAR PAGI & SINAR PAGI News)

Koran SINAR PAGI & SINAR PAGI News, Kab. Bandung,- Sumber Lintas Media, (HK, nama samaran) yang merupakan satu diantara personal perangkat pada Satuan Pendidikan wilayah Korwil Ciparay, menyampaikan kepada Tim Lintas Media, bahwa pada kwartal 1 tahun 2020 (Januari- April). telah dihimpun dana sebesar Rp 2000,- /siswa/kwartal. Dana tersebut diambil dari dana BOS, pencairan kwartal 1.

Masih menurut (HK), pengkondisian dana tersebut diawali dengan rapat Gugus  bertempat di SDN Paku Tandang 01 pd hari selasa tgl 7 April 2020, dihadiri oleh beberapa pengawas. selanjutnya (HK) menyatakan  bahwa dalam pertemuan tersebut disebutkan ada permintaan Korwil Satuan Pendidikan Kec. Ciparay, untuk membantu dana operasional Korwil, yang disepakati Rp 2000,-/siswa/kwartal, dari setiap sekolah SD di Kec. Ciparay.

Lebih jauh (HK) menjelaskan bahwa dana yang dihimpun tersebut diserahkan oleh para Kepala Sekolah kepada staf Keuangan Korwil Satuan Pendidikan Kec. Ciparay, berinisial (CI). Dalam beberapa minggu, Dana terkumpul dan telah diterima oleh korwil. Jumlah siswa di Kec.

Sementara itu Korwil Pendidikan Kec. Ciparay, Kab. Bandung, Muhamad Toha, S.Pd, M. M.Pd. saat dikonfirmasi terkait penghimpunan dana tersebut, menyatakan pihaknya tidak pernah meminta/mengintruksikan untuk menghimpun dana dimaksud kepada siapapun dilingkungan Korwil Satuan Pendidikan Wilayah Kec. Ciparay. Pada kesempatan tersebut M. Toha juga menyatakan pihaknya telah mencari tahu dari mana informasi tersebut berasal, “Jika dari Kepala Sekolah, sama saja bunuh diri, “katanya.

Pada kesempatan yang sama, dihadirkan mantan K3S, yang dianggap sesepuh Kep. Sekolah di wilayah Kec. Ciparay, Lili. Namun yang bersangkutan tidak memberikan pernyataan apapun terkait hal yang disampaikan Koordinator wilayah Satuan Pendidikan Kec. Ciparay.

Dari hasi pantauan Tim liputan lintas media, informasi pungutan yang bersumber dari dana BOS, bukan hanya di Korwil Satuan Pendidikan Kec. Ciparay saja, Untuk itu, Tim sedang menghimpun data dari sumber yang cukup kredible

 

(139)