Tim Asistensi Polres Muara Enim, Lakukan Pengecekan Persiapan Program “Desa Tangkal COVID-19” di Wilayah Hukum Polsek Rambang Lubai

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim,- Jajaran Polres Muara Enim, melaksanakan kegiatan pengecekan persiapan Program Unggulan Polda Sumsel “Desa Tangkal COVID-19” Polsek Rambang Lubai oleh Tim Asistensi Polres Muara Enim yang dipimpin oleh Kasat Sabhara Polres Muara Enim, AKP Toni Arman, Sabtu (30/05/20) bertempat di Posko Covid19 Desa Sukamerindu Kec.Lubai Kab.Muara Enim.

Selain di Posko Covid, kegiatan tersebut dilaksanakan di Kolam Ikan Nila milik Bunyamin warga Sukamerindu, Kebun Cabe, Ubi dan Terong milik Yanto, Balai Desa Sukamerindu tempat mengajar anak – anak yang kurang mampu dan rumah salah satu warga yang sedang menjalani karantina mandiri.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi,
1. Pengecekan persiapan posko COVID-19 dan persiapan kelengkapan posko seperti thermogun, hands sanitizer, disinfektan, alat semprot, APD dan sebagainya.
2. Pengecekan persiapan lokasi untuk pemanfaatan/pengolahan lahan seluas 1,5 HA (kebun sayur, kolam Nila)
3. Pengecekan persiapan pelaksanaan jumat berbagi agar tepat sasaran.
4. Dan pengecekan Persiapan lokasi/tempat dan pelajar yang akan mengikuti pendampingan bimbingan belajar, dan
5. Pengecekkan rumah warga yang dikarantina mandiri.

Sedangkan personil yang terlibat dalam kegiatan tersebut antara lain, Kapolsek Rambang Lubai AKP Ahmad Bakri, dengan tim asistensi Kasat Sabhara Akp Toni Arman beserta 1 personil, Kanit Bimmas Polsek Rambang Lubai, Bhabinkamtibmas Desa Sukamerindu, Kades Sukamerindu, Sekdes Sukamerindu serta Bhabinsa Desa Sukamerindu.

Desa yang dipersiapkan oleh Polsek Rambang Lubai untuk pelaksanaan giat tersebut adalah Desa Sukamerindu Kec. Lubai Kab.Muara Enim yang berjarak lebih kurang 3 (tiga) KM dari Mako Polsek.

Diungkapkan, hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah,
1. Untuk kriteria Desa Sukamerindu sebagai Desa Tangkal Covid 19 yang wajib punya Posko Tangkal Covid 19, dark hasil cek sudah ada dan sesuai protokol kesehatan karena ada giat dan pers yang diperiksa dan semprot disinfektan setiap kendaraan dan orang yang akan masuk Desa Sukamerindu, dimana Posko Tangkal setiap hari ditugaskan 9 pers gabungan baik dari linmas, relawan dan Babhinkamtibmas serta Bhabinsa yang terdiri dari 6 shift.

Untuk kelengkapan posko tangkal cukup lengkap mulai tedmon beserta sabun cuci tangan sebanyak 2 buah, kelengkapan APD (baju, face shild, masker, helm, sarung tangan dll) serta Posko Tangkap dipasang banner besar Maklumat Kapolri dan info2 lainnya baik dari Pemda, Dinkes sebagai bahan info bagi Masyarakat, selain itu Posko cukup luas dan nyaman karena terdiri dari 2 tenda besar dilengkapi dengan pendingin kipas embun besar dari Desa. Saat ini hanya menunggu pemasangan spanduk Posko Tangkal Covid oleh Polsek Rambang Lubai yang rencana sore ini selesai pembuatannya.

2. Terkait kriteria ketahanan pangan, Desa Sukamerindu yang terdiri dari lebih kurang 800 KK dan bermata pencarian penyadap karet sejak terjadi wabah corona untuk ketahanan keluarga dan pangan desa tiap – tiap kepala keluarga mulai menanami kebun karetnya dengan tanaman lainnya seperti ubi, cabai, terung, semangka dll.

Dari keterangan Kades serta Babhinkamtibmas Desa Sukamerindu saat ini sudah lebih kurang 400 KK yang memanfaatkan lahan kebun karetnya untuk ditanami tanaman sayuran baik dipakai sendiri maupun untuk dijual.

Selain itu selama wabah corona sudah ada lebih kurang 30 KK yang memanfaatkan lahan kebun karetnya untuk dibuat kolam ikan nila dan ada juga yang membuat kolam ikan dari terpal sehingga selama wabah corona dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi sendiri, dijual ataupun dijadikan usaha pemancingan. Pada kesempatan ini tim mengecek kebun karet dan kolam ikan nila milik Bustomi.

3. Kriteria Desa Tangkal Covid 19 dengan mengadakan bimbingan belajar oleh Bhabinkamtibmas dan bhabinsa Desa Sukamerindu selama ini sudah berjalan dan dilaksanakan di Balai Desa ataupun sekolah, bisa menggunakan Hp ataupun Laptop yang dibawa oleh pers Bhabinkatibmas Desa Sukamerindu.

4. Kriteria Desa Sukamerindu sebagai Desa Tangkal Covid 19 dimana ada giat Jumat Berbagi sebelum terjadi wabah maupun selama wabah covid rutin dilaksanakan Polsek, namun kedepan akan lebih dititik beratkan kepada sasaran yang harus lebih tepat lagi.

5. Kriteria Desa Tangkal Covid 19 sebagai desa yang warganya toleran dan saling tolong menolong, dari penjelasan Kades bahwa saat ini ada 1 warganya yang sedang dikarantina dan hari ini berakhir, dan selama masa karantina pemerintah desa dan tetangga sekitarnya memberikan dukungan baik moril maupun materill berupa sembako.

Dari 5 kriteria Desa Tangkal Covid 19, tim asistensi sudah memberikan petunjuk dan arahan secara langsung kepada Kapolsek Lubai, dan semuanya sudah ada di Desa Sukamerindu tinggal disempurnakan lagi oleh Polsek Lubai,

“Melalui kerja sama dengan Pemerintah Desa Sukamerindu akan terlihat peran Polri melalui babhinkamtibmas pada 5 kegiatan sesuai kriteria Desa Tangkal Covid 19 Desa Sukamerindu yang mau ditonjolkan,” kata Kasat Sabhara, Polres Muara Enim, AKP Toni Arman.

Selanjutnya, kata dia lagi, Polsek Lubai sudah diminta untuk segera membuat video Desa Sukamerindu sebagai Desa Tangkal Covid 19 Lubai dengan menonjolkan 5 kriteria sebagaimana diatas, dan video paling lambat dikirim besok Minggu tgl 31 Mei 2020, tandasnya.

Pos terkait

banner 468x60