Diduga Pembagian BLT DD Tak Tepat Sasaran, Komisi I DPRD OI Akan Panggil Kades

Pewarta : Tim

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Desa (BLTD) dinilai tidak tepat sasaran, puluhan warga Desa Seri Dalam Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir sambangi rumah Desmaniar, anggota Komisi I DPRD Ogan Ilir dan Camat Tanjung Raja, Jum’at (27/05/20).

Kedatangan sejumlah warga yang terdiri dari Ibu Rumah Tangga (IRT) ini untuk menyampaikan aspirasi karena tidak mendapat dana BLT dari Dana Desa serta bantuan sosial lainnya, sekaligus mempertanyakan kategori yang spesifik bagi masyarakat yang layak menerima berbagai jenis bantuan.

Karena menurut mereka, beberapa bantuan seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST) ditambah Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang dikucurkan Pemerintah Desa kepada warga ini dinilai tidak tepat sasaran, dimana warga yang seharusnya berhak menerimanya, justru malah tidak menerima.

Seperti yang dikatakan oleh Kamelia, salah satu warga Desa Seridalam pada saat mendatangi kediaman Anggota Dewan OI Desmaniar serta Camat Tanjung Raja, bahwa BLT DD, menurutnya terdapat warga masyarakat yang dinilai perekonomiannya menengah keatas justru menerima bantuan tersebut.

“Jika diperhatikan kebanyakan penerima bantuan justru ada yang punya motor bahkan hingga 2 unit, ada juga yang rumahnya gedong dan yang perkebunan luas, justru malah mendapatkan dana BLT Dana Desa itu,” katanya.

Sedangkan yang jelas-jelas orang tidak mampu lanjutnya, justru malah tidak menerimanya bantuan tersebut, “Apapun nama program bantuannya, tidak pernah dapat,” beber ibu 3 anak ini, seraya mengaku sedih dan kecewa dengan kades dan perangkat desanya.

Dia menjabarkan, sejumlah warga yang terdampak Pandemi Covid 19 yang tidak mendapat bentuan tersebut seakan diabaikan oleh Pemerintah setempat.

“Sudah sering kali kami dimintai data, di foto, di cek segala macam oleh pendamping desa, tapi tetap saja orang lain yang menerima bantuan,” cetusnya kesal.

Sementara Anggota Komisi I DPRD Ogan Ilir, Desmaniar yang kebetulan tinggal di Desa Seri Dalam saat didatangi warga mengatakan, sebagai anggota dewan dirinya siap menampung semua keluhan masyarakat.

“Laporan masyarakat ini akan dicek dulu kebenarannya dengan cara memanggil Kades Seridalam,” terangnya.

Sebagai wakik rakyat yang kebetulan tinggal di Desa Seri Dalam dirinya akan berusaha sebisa mungkin membantu warga agar bisa juga merasakan BLT desa tersebut karena bantuan sosial selama ini diduga tidak tepat sasaran.

“Kami akan mempertanyakan kepada pihak Pemerintah Desa Seridalam tentang data penerima bantuan BLT desa, apakah sudah dibagikan kepada warga yang benar – benar miskin atau tak mampu,” ucapnya.

Disebutkan, dirinya sudah menerima kabar bahwa pembagian BLT DD dilakukan secara diam – diam dan tidak transparan.

Sebelumnya Camat Tanjung Raja, Faisal mengatakan, pihaknya akan menampung keluhan warga tersebut dan menympaikannya kepada Perangkat Desa Seri Dalam untuk di dimusyawarahkan.

(934)