Legislator PDIP, Minta Pemkab Garut Hadir Perhatikan Lansia Di HLUN

Pewarta : Agus Lukman

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Legislator Kabupaten Garut, yang juga Ketua DPC PDIP Garut, Yudha Puja Turnawan, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk hadir dalam memperhatikan warga lanjut usia. Khususnya, perhatian dalam bidang kesehatan serta Jaring Pengaman Sosial (JPS).

“Jadi begini, selain memperhatikan masyarakat. Warga yang lanjut usia (Lansia), harus mendapatkan perhatian Pemkab Garut, apalagi lansia rentan terkomfirmasi Covid-19,” ujar Yudha Puja Turnawan, Jum’at (29/05/20) saat ditemui disela-sela kunjungan menemui rumah lansia di Desa Sukasengan, Kecamatan Sukawening.

Dikatakan Yudha, saat ini Pemerintah Kabupaten Garut memiliki dana BTT sebesar Rp 300 miliar yang sudah terpakai sebesar Rp 63 miliar. Anggaran tesebut bisa dimanfaatkan untuk memperhatikan lansia.

“Bisa saja anggaran yang masih belum digunakan untuk memperhatikan lansia dari total anggaran Rp 273 miliar,” ucapnya.

Yudha menuturkan, selama melakukan blusuakn ke daerah-daerah banyak menemukan lansia yang harus mendapatkan perhatian dari Pemkab Garut. Baik dari segi kesehatan, bangunan rumah serta jaminan hidup.

“Contohnya kasus yang terjadi di Kecamatan Leuwigoong, lansia bernama Apih Didi harus mendapatkan kehidupan yang layak setelah diterlantarkan oleh keluarganya. Jelas dalam undang-undang negara harus hadir,” tegasnya.

Dalam bidang kesehatan, menurut Yudha, warga lansia harus mendapatkan jaminan yang sangat serius yang mana harus mendapatkan jaminan kesehatan.

“Slot BPJS PBI Kabupaten Garut, masih banyak. Ini bisa dimafaatkan sebanyak-banyaknya bagi warga lansia. Bisa dimanfaatkan loh oleh Pemkab Garut bagi mereka,” ucapnya.

(3)