Gubernur Terbaik Hadapi Covid-19

  • Whatsapp
banner 468x60

Oleh : Dudung Nurullah Koswara
(Guru SMA Dan Ketua PB PGRI)

Lembaga Riset Repro Indonesia mencoba membandingkan respons empat pemerintah Provinsi dalam menangani wabah Covid-19. Keempat Provinsi itu adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jawa Barat terbaik dalam persepsi masyarakat dengan presentase sebesar 51 persen. Disusul oleh DKI Jakarta dengan persentase 47 persen, Jawa Tengah 44 persen dan Jawa Timur 40 persen (Kompas.com).

Bandung United Nations Development Programme (UNDP) di Indonesia memuji langkah Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam menangani virus Corona Covid-19. Country Director of UNDP in Indonesia Christophe Bahuet mengatakan, Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang paling terdampak Covid-19. Chris berkata, pihaknya pun melihat banyak respons baik yang dilakukan Jabar di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil (Liputan6.com).

Ahaa, Gubernur Ridwan Kamil yang terbaik? Tentu dua sumber diatas dapat menjadi rujukan bagi kita bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di “puncak” sebagai kepala daerah terbaik dalam menangani wabah Covid-19. Menurut Saya wabah Covid-19 bagi entitas kepala daerah bagaikan “fit and proper test” alami. Siapa yang terbaik melayani masyarakat saat wabah Covid-19, layak menjadi pemimpin masa depan.

Mahasiswa terbaik atau pamuncak biasanya ditawari jadi dosen. Pemenang Adhi Makayasa biasanya jadi jenderal. Kebudayaan daerah terbaik biasanya menjadi kebudayaan nasional. Tokoh daerah terbaik biasanya menjadi tokoh nasional. Ridwan Kamil dahulu adalah Walikota terbaik. Ia pun naik jadi gubernur. Bila saat ini Ia menjadi gubernur terbaik dalam melawan tantangn terberat bangsa, ini sebuah “portofolio” khusus bagi dirinya.

Sebelum menjadi Walikota Bandung sosok Ridwan Kamil pun jadi yang terbaik dalam lomba membuat design musium Trsunami Aceh. Untuk menguji seseorang, diantaranya efektif dilihat bagaimana Ia berbuat, bertindak, melayani dan mengambil keputusan saat keadaan sulit. Ketika Ia diumumkan sebagai gubernur terbaik, sebagai warga Jawa Barat Saya merasa bangga.

Sosok Ridwan Kamil memang milenial dan akrab dengan teknologi. Ia tulisan tangannya sangat khas, rapih dan jelas memetakan masalah dan mencari solusi. Narcis dan masifnya Ia memaparkan berbagai hal dalam dunia medsos, membuat masyarakat lebih mudah mengakses informasi. Kalau ingin tahu bagaimana Jawa Barat dan bagaimana saat Covid-19, sangat mudah. Lihat medsos Ridwan Kamil, maka kita akan mendapatkan informasi terbaru.

Bahkan Saya pernah mendapatkan kiriman seseorang yang menjelaskan paket sembako dari Gubernur Jawa Barat lebih “berisi” dari sembako Gubernur DKI Jakarta. Saya abaikan jangan-jangan itu hoaxs. Semoga saja bukan hoaxs dan info yang benar bahwa bingkisan untuk rakyat terdampak Covid-19 di Jawa Barat lebih “berisi”. Ini sempat tersebar masif di medsos.

Sejumlah video, narasi, gambar dan ajakan yang dilakukan Gubernur Jawa Barat sangat mudah kita dapatkan. Ketika warga dunia gagap menghadapi Covid-19, kegagapan itu porsinya nampak tidak terlalu dominan dalam performa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ada pepatah mengatakan, “Mental rakyat tergantung mental pemimpinnya”.

Disaat Ridwan Kamil terlihat taktis, sigap dan proaktif melawan Covid-19, ini sangat positif bagi mentalitas kolektif rakyat Jawa Barat. Maka tak heran hasil survai, jawaban publik Jawa Barat terhadap gubernurnya persepsinya positif! Masyarakat yang tidak parno, stress dan melihat pemimpinnya masih gagah sigap menghadapi Covid-19, akan melahirkan ketahanan mental kolektif rakyat Jawa Barat. Ini sangat positif dalam melawan Covid-19.

Pos terkait

banner 468x60