Pemdes Karang Mulya, Bagikan BLT Dana Desa

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim,- Pemdes Karang Mulya Kecamatan Lubai Ulu Kabupaten Muara Enim Hari ini, Sabtu (23/5/20) membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa 2020 (BLT DD).tahap satu Dan dua kegiatan dilaksanakan dengan mendatangi keluarga penerima manfaat ke rumah rumah sekaligus membagikan masker kepada warga.

Pembagian BLT dari Dana Desa diserahkan langsung oleh Kepala Desa Karang Mulya Yulius dibantu perangkat desa, Kadus, BPD, Bidan Desa di dampingi juga oleh Kasi Kesra Kecamatan, Bhabinkamtibmas Polsek Rambang Lubai dan Babinsa

Bantuan diberikan kepada 35 kk warga penerima yang bukan penerima PKH atau bantuan sosial lain agar tidak terjadi penerimaan yang berlapis.

Kepala Desa Karang Mulya, Yulius mengatakan, bahwa bantuan yang di terima oleh masyarakat sesuai instruksi yang di sampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo yaitu sebesar Rp. 600.000. tiap bulannya selama 3 bulan (April, Mei, Juni) 2020.

“Pemdes berharap agar bantuan langsung tunai dari dana desa digunakan sebagaimana mestinya dan semoga dengan adanya bantuan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terkena dampak Virus Corona (Covid-19),” kata Kades.

Selanjutnya Yulius mengatakan, pelaksanaan BLT DD ini dilaksanakan secara serentak, namun masyarakat selalu dihimbau untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yaitu tetap tinggal di rumah, selalu pakai masker, tidak berkerumun, jaga jarak fisik, sering mencuci tangan.

“Pembagian tersebut dibagikan secara serentak, serta kitapun menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat tetap.” lanjutnya.

Sementara Ketua BPD Desa Karang Mulya mengatakan, data penerima sudah didata secara detail melalui rapat dari unsur pemerintah desa dan setiap penerima di bagi secara merata jadi tidak berlapis, setiap penerima bukan termasuk Penerima PKH atau bantuan lainnya, “Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (BLT DD) ini dapat digunakan dengan bijak,” katanya.

Di tempat yang sama Kapolsek Lubai AKP ahmad Bakre SH, menghimbau kepada kepala desa agar bantuan tersebut benar – benar di salurkan kepada yang sangat membutuhkan.

“Jangan karena, pendukung atau hubungan keluarga saja yang di data, termasuk orang di PHK, Nakok Paruan, pekerjaan tidak tetap karena Dampak dari covid 19 ini, harus masuk dalam daftar penerima manfaat,” tegasnya.

Dia juga mengingatkan untuk tidak main – main Dengan Dana Covid, “Semoga pembagian BLT DD ini bisa bermanfaat bagi penerima dan aman serta tetap menjaga kesehatan,” imbuhnya.

Terkait dengan pelaksanaan perayaan Idul Fitri 1441 H, Kapolsek menghimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan takbiran keliling dan Sholat Idul Fitri di masjid, “Cukup Sholat Eid di rumah saja dan silaturami lewat WA,” tandasnya.

(81)