Tiga Desa Di Kec.Wanayasa Kab.Purwakarta Bagikan Dana BLT Kemensos

Pewarta Dede MR

Koran SINAR PAGI Kab.Purwakarta,- Ratusan Warga Terdampak Covid-19 dari 3 Wilayah yakni Desa Simpang, Sukadami dan Taringgul Tengah, Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, Rabu (20/05/20) menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Kantor Pos Kecamatan Wanayasa.

Sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos, bahwa Warga Terdampak Covid-19 se-Kecamatan Wanayasa tercatat sebanyak 17.608 Kepala Keluarga (KK) dan sebelum menginjak Hari Raya Iedul Fitri 1441 H, BLT Kemensos itu sudah diterima setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masing-masing desa.

Dari 3 Wilayah Desa Warga yang Terdampak Covid-19 yakni dari Desa Simpang sebanyak 132 KK, Desa Sukadami 214 KK dan Desa Taringgul Tengah sejumlah 87 KK.

Menurut Pantauan Awak Media di Kantor Pos Kecamatan Wanayasa, Warga atau KPM dari pukul 9.00 WIB sudah mulai berdatangan dan dengan sabarnya mereka menunggu antrian panggilan dari Petugas Pos guna menerima BLT Kemensos senilai Rp600 ribu/bulan selama 3 bulan terhitung April, Mei dan Juni 2020.

Terpantau pula beberapa orang Perangkat Desa Simpang dan Pengurus Bamusdes sibuk membantu warganya atau KPM di Kantor Pos Wanayasa.

“Kami sengaja kawal KPM Penerima BLT Kemensos ini, yakni untuk memastikan semua bisa datang ke Kantor Pos Wanayasa mengambil Bansos tersebut,” ujar Mamad Mujamil Kasi Kesos Desa Simpang saat dimintai keterangan Awak Media.

Menurut Mamad, dari 132 KK di Desa Simpang Penerima BLT Kemensos sesuai DTKS dapat tercover, begitu pun dengan BLT Kemensos Non DTKS pastinya bakal tersalurkan kepada haknya.

“Alhamdulillah, prosesi pembagian Bansos bagi Warga Terdampak Covid-19 dari Kemensos ini berjalan aman dan lancar, oleh karna itu, kami berharap Uang Bansos yang sudah diterima tiap KPM kiranya dibelanjakan untuk keperluan lebih berguna dan bermanfaat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Komunikasi Wartawan Purwasuka (Forkowap) H.Jenal Aripin menyikap positif terkait alokasi BLT-Kemensos yang sudah diterima KPM masing-masing di Wilayah Kecamatan Wanayasa khususnya.

Menurut H.Jenal, warga terdampak Covid-19 di wilayah Kecamatan Wanayasa khususnya hingga hari ini sudah menerima BLT-Kemensos. “Saya berikan apresiasi positif dan acungkan jempol atas dedikasi Para Perangkat/Aparatur Desa yang sudah berupaya seoptimal mungkin, dari awal melakukan pendataan sekaligus mengajukan data calon penerima bansos itu ke pihak dinas terkait. Sampai akhirnya dengan penuh keikhlasan mengawal KPM untuk mengambil BLT-Kemesos itu di Kantor Pos Wanayasa,” ujarnya.

Selain itu, kata H.Jenal, terkait bentuk Bantuan Sosial dari Propinsi maupun Daerah, dia mengajak masyarakat untuk mengawal dan mengawasi penyalurannya agar tepat sasaran kepada warga yang lebih layak menerimanya.

Dia berharap, semoga bantuan sosial berupa uang tunai maupun non tunai itu agar dimanfaatkan ke hal yang lebih penting, terutama sekali untuk meringankan beban hidup sehari-hari selama adanya Pandemi Covid-19 tersebut.

(25)