Pengunjung Pasar Semi Modern Palabuhanratu Jadi Sasaran Rapid Test

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Ayi Suherman

Koran SINAR PAGI, Kab Sukabumi,- Tim medis dari UPTD Puskesmas Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, lakukan rapid test terhadap pengunjung pasar semi modern Palabuhanratu, Kamis (14/05/20).

Kepala UPTD Puskesmas Palabuhanratu Irwan Ruswandi, menjelaskan, pihaknya memilih melakukan rapid test di pasar karena banyak pengunjung yang menumpuk dan rentan terjadinya penyebaran virus corona.

“Pasar Palabuhanratu menjadi salah satu sasaran kita, kita tahu sendiri bahwa di pasar itu tempat tertumpuknya masyarakat kita dalam melakukan pembelajaan. Sehingga dalam menjaga jarak tentu harus dijaga, sesuai dengan aturan pemerintah minimal 1 sampai 2 meter,” ujar Irwan kepada wartawan.

Sebelum merapid test, terlebih dulu pihaknya melakukan pengecekan terhadap pengunjung pasar

Apabila ada pengunjung pasar dengan suhu tubuh diatas 38 derajat celcius, pihaknya lansung melakukan rapid test terhadap pengunjung tersebut.

“Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan saat ini kita kepada si penjual maupun para pengunjung kita lakukan cek suhu tubuh, apabila suhu tubuhnya ada yang diatas 38 derajat celcius, kita langsung lakukan rapid test,” terangnya.

Irwan menyebutkan, pihaknya menyiapkan 50 alat rapid test. Namun, baru terpakai 20 alat. Dari 20 alat yang terpakai, Irwan mengatakan, hasilnya negatif semua.

“Disini kita siapkan 50 alat, sekarang baru ada 20 orang yang dilakukan Rapid. Alhamdulillah semuanya negatif. Rapid test dilakukan kepada warga yang suhu tubuhnya diatas 38 derajat celcius, apalagi disertai batuk pilek, apalagi ditambah sakit tenggorokan itu kita wajib lakukan rapid,” ujar Irwan menegaskan.

“Saat ini physical distancing ini harus diperhatikan di pasar Palabuhanratu ini. Kita mewajibkan kepada pengunjung cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta diwajibkan menggunakan masker,” pungkas dia.

Pos terkait

banner 468x60