Pemdes Jiwa Baru Salurkan BLT DD Kepada 50 KK

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim,- Pemerintah Desa (Pemdes) Jiwa Baru Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim melaksanakan penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), Selasa (05/05/20) bertempat di aula kantor desa setempat.

Kepala Desa Jiwa Baru, Panji Lesmana menyebut, bahwa BLT ini disalurkan berdasarkan kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Desa (Kemendes) Republik Indonesia bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Dikatakannya, bahwa dana BLT DD yang akan disalurkan kepada 50 KK masing – masing sebesar Rp.1,8 juta yang dananya bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020.

“Setiap keluarga akan memerima Rp.1,8 juta untuk tiga bulan dari bulan April, Mei dan Juni dengan besaran uang yang diberikan setiap bulannya sebesar Rp.600.000,” terang Panji

Mengingat dalam situasi pandemi Covid-19, kesempatan penyaluran BLT DD ini sekaligus dimanfaat Panji untuk terus menghimbau warganya agar senantiasa menjaga pola hidup sehat dan tidak bepergian jika tidak penting dan mendesak.

Selain itu, pihaknya juga telah membentuk tim relawan desa yang bertugas mengedukasi dan mengawasi warga selama masa pandemi Covid-19 berlangsung.

Tampak hadir dalam penyaluran BLT DD tersebut, Camat Lubai, Edi Suprianto, Kapolsek Lubai, AKP Ahmad Bakre, Danramil Lubai, Broto Santoso dan para kepala dusun se Desa Jiwa Baru.

Menurut Camat Lubai, Edi Suprianto, Program BLT merupakan kebijakan Presiden RI Joko Widodo melalui keputusan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa serta Prioritas Penggunaan Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19.

“Penerima manfaat dari program bantuan sosial ini adalah warga terdampak wabah Covid 19, yang tidak masuk dalam program sosial lainnya yang digulirkan pemerintah, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), BPNT dan sebagainya,” ungkap Edi Suprianto.

Pos terkait

banner 468x60