Fraksi Gerindra Bersama BBPBAT Tebar Ratusan Ribu Benih Ikan dan Udang Galah

Pewarta : Ayi Suherman

Koran SINAR PAGI, Kab Sukabumi– Pandemi Covid-19 berkepanjangan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akan berdampak terhadap ketersedian pangan dan sumber gizi hewani masyarakat di Kabupaten Sukabumi.

Berkaitan dengan hal tersebut, dalam mengantisipasi pemberlakuan Social Distancing dan Physical Distancing berkelanjutan, Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Sukabumi bekerjasama dengan Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, Dirjen Perikanan Budidaya, Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia menebar ratusan ribu bibit Ikan dan Udang galah di sejumlah Embung dan Sungai di wilayah Kecamatan Cimanggu Kabupaten Sukabumi.

Menurut Ade Sunarma, Perekayasa Madya, pada BBPBAT Sukabumi, program penebaran benih Ikan jenis Nilem sebanyak 1OO.OOO ekor dan Udang Galah 1OO.OOO ekor di Embung Desa Boregah Indah, Embung Wana Desa Cimanggu, Sungai Cibeureum, Sungai Ciseureuh dan Sejumlah Embung di Desa Sukamaju, Sukajadi, Karang Mekar dan Desa Sukamanah ini bisa dilakukan secara berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Warga bisa memanfaatkan hasil dan mau menjaga kelestariannya, jangan sampai ada yang melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan racun,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyebutkan program ketahanan pangan ini merupakan usulan inisiatif fraksi Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi, melalui Fraksi Gerindra di DPR RI, dan bekerja sama dengan Dirjen Perikanan Budidaya, Unit Pengelola Teknis BBPBAT Sukabumi.

Adapun tujuan dari penebaran Ikan dan Udang galah di sejumlah Embung dan Sungai yang ada di wilayah Kecamatan Cimanggu Kabupaten Sukabumi ini, sebagai antisipasi Ketahanan Pangan Nasional di Kabupaten Sukabumi.

Dari dampak Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) tidak hanya program ketahanan pangan sebaran benih ikan sebagai sumber protein hewani bagi masyarakat, juga masyarakat di wilayah Pajampangan Kabupaten Sukabumi dihimbau untuk memanfaatkan lahan pekarangan sekitar rumah dan kebun, lebih di produktifkan dengan tanaman berbasis pangan.

“Kami himbau, setelah di beri benih ikan dan udang sebagai sumber protein, warga juga harus aktif memanfaatkan lahan kosong sekitar rumah, untuk di produktifkan dengan menanam tanaman pangan,” ajaknya.

Hadir dalam kegiatan, Kepala BBPBAT Sukabumi yang di wakili oleh Ade Sunarma, Ketua Fraksi Gerindra, Usep Wawan, anggota Komisi IV DPRD Fraksi Gerindra Dapil VI Jampangkulon, Agus Zen Nurahray, Camat Cimanggu, Abdul Nafi.AR, para Kepala Desa se Kecamatan Cimanggu beserta undangan terkait lainnya.

(10)