DPMD Jabar Percepat Pencairan Bantuan Keuangan RP.130 Juta Ke Desa

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Bandung)-, Menindaklanjuti surat edaran gubernur Jawa Barat No.443/50/DPM-Desa tentang desa tanggap covid-19 dan penegasan padat karya tunai desa berdasarkan pertimbangan hasil rapat pengurus DPD APDESI Jabar.

Informasi yang dihimpun koransinarpagijuara.com, Kepala DPMD Jabar, H Dedi Supendi, S.STP, M.Si menyampaikan penggunanan bantuan keuangan desa pembinaan penyelenggaran pemerintah desa tahun 2020 dapat dimanfaatkan untuk mendukung pencegahan Covid 19 sesuai dengan kondisi dilapangan dan kebutuhan desa yang belum teranggarkan oleh dana desa ucapnya melalui edaran tertulis

“Tapi perioritaskan dulu dana bantuan keuangan desa dari provinsi untuk pembelian pulsa kouta internet unuk sapa warga. Tunjangan penghasilan aparat desa, oprasional posyandu, pokjanal posyandu desa”

Selanjutnya Dedi mengarahkan bantuan senilai Rp 130 juta bagi seluruh desa di Jabar untuk penggunaan alokasi anggaran peningkatan insfakstruktur perdesaan dapat dialihkan untuk kegiatan penanggulangan  covid 19.

Dalam rangka percepatan proses pencairan bantuan keuangan, bagi desa yang belum menyelesaikan laporan pertanggung jawaban (LPJ) tahun 2019 untuk sementara diganti dengan surat peryataan  kesanggupan menyelesaikan LPJ oleh kepala desa bermatrai cukup dan batas waktu penyelesaiaan LPJnya, maksimal ahir juni 2020.

Merspon arahan tersebut, Kepala Desa Cibodas Pasirjambu, Wily Wirasasmita, menyambut baik surat edaran tersebut. “Profosal pengajuan bantuannya sudah dibuat, dalam waktu dekat akan dikirim ke dinas terkait” ucapnya kepada media

Wily juga menyampaikan Pemerintah Desa Cibodas berencana menyelenggarakan Rapid Test covid 19 untuk tahap pertama sebanyak 500 orang yang diagendakan dilaksankan dalam waktu dekat.

Menurut Willy menjelaskan bahwa anggaran untuk Rapid Test sudah dialokasikan dari Dana Desa sebesar Rp 50 juta, untuk penanganan Covid 19, diantaranya untuk operasional satgas, pembelian alat cuci tangan, hand sanitizer, masker, APD dan penyemprotan disinfektan. Kemarin sudah ngobrol langsung dengan Bupati tentang program percontohan ini dan anggarannya.

Pos terkait

banner 468x60