Pjs Kades Wanayasa Berencana Untuk Daur Ulang Sampah Pasar

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Dede MR

Koran SINAR PAGI, Kab.Purwakarta,- Terkait tumpukan sampah yang menebar bau tak sedap disekitar Pasar Wanayasa hingga warga merasa terganggu, jauh – jauh hari sebelumnhlya Pemdes Wanayasa sudah melayangkan komplain ke pihak Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Purwakarta, namun, ternyata sampah itu tetap menumpuk bahkan hingga menggunung.

“Kami sebelumnya sudah sampaikan ke pihak Lingkungan Hidup Purwakarta soal tumpukan sampah yang menebar bau busuk menyengat tersebut, namun, pihak LH, berdalih armada yang biasa angkut sampah di lokasi Pasar Wanayasa kondisinya ruksak sedang diperbaiki,” kata Sekdes Wanayasa Ikhsan Firmansyah kepada koransinarpagijuara.com.

Hal yang sama juga disampaikan Penjabat Sementara Kades Wanayasa Babang Subarna,M.Pd, dirinya membenarkan bahwa Pemdes Wanayasa sudah menanyakan ke pihak LH Purwakarta terkait sampah menumpuk di Depan Pasar Wanayasa itu.

“Pihak LH berjanji akan berupaya, tumpukan sampah dilokasi Pasar Wanayasa itu akan diangkut 3 kali dalam seminggu dan itu pun setelah armada atau mobil pengangkut sampah selesai diperbaiki,” ujarnya.

Namun, lanjut Babang, kami mempunyai keinginan, bahkan sudah melakukan musyawarah dengan Bamusdes dan warga setempat bahwa sampah-sampah itu akan diberdayakan menjadi sampah daur ulang.

“Rencananya, dari Dana Bagi Hasil Pajak (DBHP) tahun ini akan kami alokasikan untuk pembelian Mesin Pengelola Sampah, kalau sudah ada Mesin Pengelola Sampah Mandiri, tentu sampah-sampah itu nantinya dipilih dan diolah menjadi 3 produk bermanfaat yaitu menghasilkan setengah Biji Plastik, Kompos Pupuk Oraganik dan Batako.” ungkapnya.

Babang berharap rencana ini bisa terwujud, sehingga tumpukan sampah di Depan Pasar Wanayasa khususnya terakomodir dijadikan daur ulang sampah yang bermanfaat dan menghasilkan Pendapatan Anggaran Desa (PADes) Wanayasa nantinya.

Sedangkan, untuk lokasi atau tempat menyimpan Mesin Pengolahan Sampah Mandiri, pihaknya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Pemkab Purwakarta dalam hal ini Bagian Aset Pemda, karena, kebetulan disebelah Pasar Wanayasa terdapat lokasi Tanah Pemda dan kami minta untuk dijadikan tempat mengolah sampah-sampah tersebut. “Alhamdulillah, Bagian Aset Pemda meresfon baik dan memberikan izin,” pungkasnya.

Pos terkait

banner 468x60