Banprov Untuk 65 Desa di Purwakarta, Senin 20 April Sudah Bisa Dicairkan

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Dede MR

Koran SINAR PAGI, Kab.Purwakarta,- Anggaran Bantuan Propinsi Jabar senilai Rp.130 juta bagi desa di Wilayah Kabupaten Purwakarta yang diperuntukan bagi pembangunan desa sebagian sudah diterima oleh masing – masing desa, Minggu (19/04/20).

Menurut Kasi Sarana dan Prasarana DPMD Kab.Purwakarta, Achmad Rahmat Muhidin, saat dikonfirmasi via Whatsapp tadi siang menyebutkan, bahwa anggaran Banprop Jabar dipastikan besok (Senin) cair untuk 65 desa, sementara 24 desa lainnya sudah lebih dulu menerima dana untuk Peningkatan Pembangunan Fisik Infrastruktur tersebut.

“Anggaran Banprop di Purwakarta sama sekali tidak ada kendala, namun, kenapa pencairan telat, itu dikarenakan pengajuan proposal dari desa ke DPMD tidak serempak,” ungkapnya.

Perlu diketahui, lanjut Rahmat, bahwa prosentase pencairan maupun proposal masuk ke DPMD Propinsi Jabar dari Kabupaten Purwakarta itu paling banyak mencapai angka 85 persen, sehingga, idealnya memang di Bulan April ini anggaran Banprop itu cair, ujarnya.

Disinggung soal apakah dana Banprop digunakan untuk penanggulangan pencegahan Covid-19, dengan tegas Rahmat menyatakan bahwa anggaran Banprop untuk alokasi Pencegahan Covid-19 itu tidak ada.

“Sesuai Surat Edaran Gubernur, jika Dana Penangulangan Covid-19 itu sudah dianggarkan dalam Dana Desa, maka tidak boleh dianggarkan dalam Banprop,” ujarnya.

Akan tetapi, kata dia, jika melihat situasi dan kondisi saat ini, akibat wabah Corona, dimana untuk penanganannya butuh dana yang tidak sedikit, “Ya, pintar-pintar Kepala Desanya saja,” pungkasnya.

Pos terkait

banner 468x60