Forum RT/RW Perum Taman Adiyasa Desa Cikasungka Gelar Donor Darah

Pewarta : Eman

Koran SINAR PAGI, Kab.Tangerang,- Forum RT/RW Perum Taman Adiyasa Blok J Desa Cikasungka, Kec.Solear, Kab.Tangerang Banten, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Minggu (19/04/20) menggelar bakti sosial donor darah.

Panitia penyelenggara Donor Darah, Bambang Surya Taufik mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan berawal dari rasa prihatin terhadap minimnya stok darah tersedia di PMI Kabupaten Tangerang.

“Kami prihatin merasa prihatin saat mendapat kabar bahwa stok darah di Kab.Tangerang sangat minim, maka dari itu, pengurus RT dan RW 08 berinisiatif mengandeng PMI untuk menggelar donor darah,” katanya.

Diakui Bambang, dirinya pernah datang ke kantor PMI untuk minta bantuan cairan desintektan, saat itu PMI mengajaknya untuk menggelar kegiatan donor darah.

“Saat saya datang ke kantor PMI untuk meminta desinfektan, menurut petugas PMI kasus DBD di Kab.Tangerang sedang meningkat sementara stok darah menipis,” ungkap Bambang di lokasi donor darah.

Bambang menjelaskan, pelaksanaan donor darah di tengah pandamik virus corona covid-19 ini diatur sedemikian rupa dan pendaftarannya pun dilakukan secara online, mengingat saat ini tengah diberlakukan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Tangerang.

“Untuk pendaftaran kita lakukan secara online dan alhamdulillah antusiasme warga cukup tinggi, bahkan ada warga yang tidak jadi mendonorkan darahnya karena kerbatasan waktu, lagi pula sedang ada PSBB juga, sehingga kedatangan para pendonor pun kita atur waktunya,” tambahnya.

Di tempat yang sama Camat Solear H Soni Karsan menjelaskan, kegiatan donor darah yang diprakarsai Forum RT/RW 08 ini untuk membantu ketersedian stok darah di PMI Kabupaten Tangerang yang menurutnya kerap terjadi, terlebih saat wabah corona saat ini.

“Donor darah ini merupakan kepedulian warga melalui forum Rt, Rw Taman Adiyasa khususnya di blok J, untuk merespon kekurangan stok darah PMI, sehingga dapat di gunakan oleh pasien di rumah sakit termasuk pasien covid 19, kita bahu membahu masyarakat yang membutuhkan di situasi sulit seperti ini,” ujarnya.

(18)