Mampu Berkomunikasi Dengan Baik Jadi Modal Utama Bagi Penyiar Radio

Pewarta : Eman

Koran SINAR PAGI, Kab.Tangerang,- Bagi pendengar yang terbayangkan dari seorang penyiar adalah duduk manis didalam studio sambil bercerita seru diiringi lagu – lagu kesukaan pendengar, padahal, selain harus berkutat dengan berbagai perangkat elektronik yang ada dihadapannya, bagi seseorang yang berprofesi sebagai penyiar radio harus pula memiliki wawasan luas dan piawai dalam berkomunikasi serta mampu menghidupkan suasana di setiap acara yang dipandunya.

Yang tidak boleh diabaikan adalah, seorang penyiar radio harus selalu update tentang kondisi terkini disekitarnya, sehingga tidak terkesan ketinggalan zaman dan tidak tahu apa – apa selain hanya cuap – cuap dan menyajikan lagu – lagu bagi para pendengarnya.

Seorang penyiar radio adalah penghibur bagi pendengarnya, dan tentunya sebagai seorang penghibur, penyiar radio harus selalu dalam kondisi baik dan selalu terdengar senang agar menularkan aura positif bagi pendengarnya, jadi seorang penyiar harus pandai menyembunyikan perasaan, meski suasana hati sedang galau.

Demikian hal nya dengan yang dilakukan oleh Egi Permana bersama Dadan Delta, penyiar Radio R.Bamba FM 107,7 Mhz di Balaraja Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang Banten.

Menurut mereka, mampu menjalin komunikasi dengan baik adalah hal yang sangat penting dimiliki oleh seorang penyiar, “Tugas kami adalah menyampaikan informasi dan hiburan melalui suara di gelombang radio kepada masyarakat, sehingga butuh kemampuan komunikasi yang baik, agar para pendengar bisa betah menikmati acara yang kita bawakan,” ujarnya.

Menurut Egi, penyiar tidak hanya berkaitan dengan menyajikan hiburan semata, akan tetapi juga memberikan informasi menarik bagi pendengar, untuk itu, lanjutnya, penyiar harus selalu berusaha menambah wawasan dan update kondisi terbaru.

“Sisi lainnya, banyak hikmah yang saya peroleh selama menjadi seorang penyiar radio, selain bisa menyalurkan hobi dalam bidang seni, jalinan silaturahmi yang baik dengan pendengar menjadi hal yang sangat berharga,” tandasnya.

(25)