Kasus Covid 19 Di Garut Bertambah 1 Orang Positif

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Agus Lukman

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Hingga Hari Sabtu (04/04/20) terdapat penambahan jumlah kasus Covid-19 Positif menjadi 2 kasus. Menurut Jubir Covid 19 Kab.Garut, Ricky R Darajat, KC 2 (Kasus Confirmasi) ini adalah seorang perempuan berumur 35 Tahun.

Dikatakan, KC 2 ini memiliki riwayat perjalanan dari daerah kota terjangkit Corona yakni DKI Jakarta dan sejak itu merasakan gejala sakit batuk, pilek dan demam pada Tanggal 18 Maret 2020, “Sejak itu KC-2 melaksanakan isolasi mandiri di rumahnya,” terangnya.

Selanjutnya, pada Tanggal 26 Maret secara mandiri diambil spesimennya untuk diperiksakan di laboratorium rujukan di Bandung dan hasilnya diketahui tanggal 03 April 2020 dengan Konfirmasi (+).

“KC-2 sekarang sudah menginjak hari ke-17 (sudah memenuhi syarat interval waktu untuk diambil spesimen ulang), sehingga tadi pagi diambil kembali spesimen swabnya untuk dikirim ke laboratorium rujukan di Bandung guna memastikan kondisi status kesehatannya,” tambahnya.

Diungkapkan, sampai pukul 15.00 WIB, hari Sabtu (04/04/20), total kasus (OTG, ODP, PDP dan Konfirmasi +) sebanyak 1.590 kasus, terdiri dari ODP : 1.423 kasus (93 kasus baru, 18 dalam perawatan, 288 selesai pemantauan, dan 1.117 dalam pemantauan).

PDP : 21 kasus (6 kasus sedang dalam perawatan dan 15 kasus selesai pengawasan dan dipulangkan dari RSUD dr. Slamet Garut dan Konfirmasi + (positif) : 2 kasus terdiri 1 dalam perawatan di RSUD dr Slamet, 1 kasus Isolasi mandiri di rumah selesai masa pengawasan dan menunggu hasil laboratorium (ceck ulang hari ke-17).

“Data 4 kasus PDP baru, yaitu : Dewasa perempuan 24 tahun, Balita 3 orang (Laki-laki 2 bulan, Laki-laki 3 bulan, dan Laki-laki 3 tahun,” ungkapnya.

Dengan ditemukannya kasus konfirmasi positif yang baru, maka dilakukan tracing pada kontak erat risiko tinggi yaitu di 5 lokasi yang pernah kontak dengan KC-2, yaitu 4 fasilitas kesehatan dan 1 perkantoran dengan total kontak sebanyak 110 dan hasil Rapid Test menunjukkan semuanya negatif.

Dengan ditemukannya kasus baru Covid-19 di Kabupaten Garut ini, lanjutnya, maka proses penularan sudah merebak sampai ke Garut dan masih berproses di masyarakat, tidak menutup kemungkinan munculnya kasus Covid-19 baru, mengingat penemuan kasus PDP dan ODP dalam setiap harinya terus meningkat.

“Social dan Physical Distancing serta meningkatkan kebiasaan mencuci tangan sangat mutlak dibutuhkan pada kondisi saat ini. Sekali lagi, cara-cara inilah yang sangat efektif dalam mencegah penularan Covid-19,” pungkasnya.

Pos terkait

banner 468x60