PWI Ogan Ilir Minta Wartawan Gunakan Alat Pelindung Saat Liputan

Pewarta : Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI Ogan Ilir,– Menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi edukasi kepada masyarakat di tengah kondisi pandemi Virus Corona (Covid-19) saat ini, wartawan harus selalu menjaga diri.

“Harus selalu melengkapi diri dengan alat pelindung diri, ini harus dipatuhi,” kata Ketua PWI Ogan Ilir Gusti M Ali, Jumat (03/04/20)

Ia menegaskan, keamanan bagi wartawan harus lebih diutamakan di tengah eskalasi perkembangan pernyebaran virus. Media-media tempat wartawan bekerja juga diminta memberi arahan dan jaminan keamanan kesehatan secara maksimal.

Mengacu pada tuangan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, para pemberi kerja harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja kepada para pekerja.

Sebagai bagian dari elemen masyarakat yang berkontribusi dalam ikhtiar-ikhtiar menanggulangi persebaran virus Corona, Ketua PWI Ogan Ilir berharap, solidaritas kerja sama sesama wartawan semakin kuat, dengan cara saling mengingatkan.

Alat pengamanan atau alat pelindung diri (APD) perlu diperhatikan, seperti masker dan hand sanitizer, meskipun diketahui sekarang seperti menjadi barang langka.

“Apabila wartawan tidak melengkapi diri dengan alat pelindung, sebaiknya tidak harus turun lapangan,” tegasnya mengingatkan.

Gusti menekankan agar para wartawan lapangan selalu saling menjaga dan mengingatkan, sehingga memperkuat rasa solidaritas dalam hubungan antar manusia, antar rekan seprofesi, serta penegakan profesionalitas.

“Mari saling mengingatkan, untuk saling memberi pertimbangan secara proporsional, kondisi atau momen yang harus diliput, dan mana yang harus dihindari,” harapnya.

Kata dia, tidak semua wartawan adalah wartawan jarak jauh (jumpa pes secara online) karena ada wartawan TV yang membutuhkan gambar visual hal ini harus diperhatikan oleh satgas covid-19.

“Baik satgas provinsi mapun satgas pembantu di kabupaten. Wartawan juga garda terdepan Proteksi wartawan penting. Perlu di fasilitasi dengan alat pelindung diri seperti masker dan antiseptik,” katanya.

(41)