Anggota Dewan Apresiasi Warga Simpenan Yang Menyediakan Lahan Pemakaman Khusus Covid-19

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Ayi Suherman

Koran SINAR PAGI, Kab Sukabumi – Gugus tugas penanganan virus corona bersama satgas relawan dan warga masyarakat Kecamatan Simpenan menyediakan pemakaman khusus buat warga yang meninggal dunia karena terjangkit virus corona, Jum’at (3/4/2020).

Menurut Camat Simpenan Dadang Ramdani, ini inisiatif kami bersama masyarakat untuk menyediakan layanan lahan pemakaman khusus bagi masyarakat yang meninggal karena terjangkit virus corona.

Lahan ini bukan hanya untuk pemakaman khusus orang yang meninggal karena terjangkit virus corona saja, tapi kita jadikan TPU (Tempat Pemakaman Umum), ini bentuk komitmen kita dalam pelayanan bagi masyarakat luas dan membantu pemerintah daerah sendiri.

Sementara lahan yang kita sediakan berada dikampung Pasirlengking Desa Cidadap Kecamatan Simpenan, seluas lebih kurang 5 hektare, persiapan lahan pemakaman yang terjangkit virus corona yang menyebar luas saat ini.

TPU ini bukan hanya untuk warga masyarakat simpenan aja tapi untuk umum dari luar mana saja boleh masuk di makamkan disini dan tidak terkecuali baik itu yang meninggal beragama Islam maupun non Islam kita sediakan.

“Kita menyediakan lahan kosong seluas lebih kurang 5 hektare untuk pemakaman, dan dibagi dua blok yang satu blok untuk pemakaman umat muslim dan satu bloknya lagi untuk non muslim,” terangnya.

Ini hanya bentuk persiapan atau antisipasi, tapi kata dia lagi, diharapkan warga masyarakat simpenan tidak terjangkit virus corona dan tidak ada korban jiwa karena virus ini, tambahnya.

Menyikapi hal tersebut anggota DPRD kab sukabumi dari komisi I Usep Wawan mengatakan bahwa hal ini sebagai bentuk kemanusiaan dan kita apresiasi terhadap kinerja kecamatan simpenan, serta masyarakat simpenan dan gugus tugas yang telah berusaha mendukung program pemerintah, baik pemerintah daerah kabupaten, provinsi maupun pusat.

“Hal ini perlu kita dukung, ini Standar Operasional Prosedur (SOP) plus, dalam pelayanan dan ditempat lain belum ada yang menyiapkan lahan pemakaman khusus buat orang yang meninggal karena terjangkit Covid-19, dan ini langkah yang maju dan perlu untuk di tiru bagi daerah-daerah lainnya,” ucapnya.

Selain itu menurutnya ini langkah yang sangat penting untuk diperhatikan dalam penanganan pengendalian penyebaran virus corona. “Ya, kita sangat mengapresiasi langkah kebijakan yang diambil oleh pihak masyarakat dan pemerintahan kecamatan,” terangnya.

Pos terkait

banner 468x60