Pemdes Simpang Sediakan 5 Posko Penanggulangan Penyebaran Covid-19

Pewarta : Dede MR

Koran SINAR PAGI, Kab.Purwakarta,- Antisipasi pencegahan meluasnya penyebaran Virus Corona di Wilayah Kabupaten Purwakarta, Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika melalui DPMD Purwakarta menghimbau seluruh Pemdes se-Kabupaten Purwakarta agar melakukan penyemprotan Disinfektan dan mendirikan Posko Penanggulangan Penyebaran Virus Covid-19.

Penyemprotan Disinfektan sendiri sudah dilakukan sebagian besar desa, sekaligus merelokasi Penyediaan Posko Penanggulangan Wabah Virus Covid-19 di tiap lingkungan RW masing-masing.

Posko Penangulangan Wabah Virus Corona itu dipersiapkan salah satunya oleh Kelompok Kerja (Pokja) Desa Simpang Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta yanh meliputi 5 wilayah RW dan di tiap Lingkungan RW dibentuk ketua dan anggota.

Menurut Kasi PMD Desa Simpang, Mamad Mujamil mewakili Pjs Kades Simpang Nandang Sukendar, Minggu (29/03/20) Pemdes Simpang sudah melakukan upaya penyemprotan Disinfektan di sekeliling rumah warga dan juga sudah menyiapkan Posko Bale Panggeuing Penangulangan Virus Corona Covid-19.

Pokja Desa Simpang telah membentuk kepengurusan sekaligus menyiapkan 5 Lokasi Posko yakni Posko 1 di Wilayah RW 01 meliputi RT 01 dan 02, Posko 2 di RW 02 meliputi RT 03-04, Posko 3 di Wilayah RW 03 melputi RT 05-06, Posko 4 di Wilayah RW 04 meliputi RT 07-08, dan Posko 5 di Wilayah RW 05, meliputi RW 09,10 dan 11.

“Kami menghimbau kepada warga masyarakat Desa Simpang, jika ada orang tidak dikenal datang dari luar kota, segera lapor ke Tim Posko setempat dan selanjutnya Tim Penanggulangan Covid-19 akan mengidentivikasi orang tersebut,” ujarnya.

Masih kata Mamad, jika ada orang tak dikenal, terlebih ia datang dari wilayah kota terdampak zona merah Covid-19, maka orang itu disarankan agar mengisolasi diri minimal selama 14 hari. Kemudian, pihak keluarga yang didatangi orang tersebut harus membatasi diri dengan menjaga jarak minimal 1 meter.

“Bila hasil identifikasi orang itu ternyata mengalami demam atau batuk, maka disarankan agar segera dirawat atau diperiksa oleh Tim Medis, karena, dikhawatirkan terjangkit Virus Covid-19,” imbuhnya.

Kadus 01 Desa Simpang, Henri Suherman menambahkan, saat ini pihaknya sudah membentuk Posko Penanggulangan Covid-19, “Kedepannya ditiap Posko tersebut disediakan alat pengaman seperti masker, hand sanitizer, thermo scanner, bahkan bakal ada bantuan pangan untuk warga terdampak Covid-19 dan anggaran bersumber dari Dana Desa 2020 Tahap Pertama,” jelasnya.

Menurut Henri, setiap tim Posko harus membuat laporan ke Tim Pokja Desa untuk menginformasikan setiap hal darurat terkait Penanggulangan Virus mematikan tersebut.

(34)