50% Gaji Bupati dan Wakil Bupati Ciamis Akan Disumbangkan Untuk Penanganan dan Pencegahan Wabah virus COVID-19

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis,- Dalam rapat yang dilaksanakan, Senin (30/03/20) dan dihadiri Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Kodim 0613, Polres, Sekda, Asda, BPKD, Kasatpol PP, Dishub, BAPEDA, Dinkes, Inspektur, Kabag Hukum dan Kabag Humas bertempat di Ruangan Operation Room, Sekretariat Daerah Kab.Ciamis.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra mengatakan, Gaji Bupati dan Wakil Bupati 50% akan disumbangkan untuk penanganan dan pencegahan Virus Corona, begitu pula ASN yang mendapat TPP dipotong 10% dan fungsional 5%.

Hal tersebut dilakukan dalam 3 bulan dari mulai April – Juni 2020, adapun anggaran tersebut akan digunakan untuk pengadaan APD, Operasional dan Santunan untuk yang terdampak covid-19.

Lanjut Yana, dengan meningkatnya jumlah ODP yang diakibatkan pemudik dari Zona merah, Pemkab Ciamis akan melaksanakan Karantina Lokal Terbatas.

Kebijakan tersebut kata Yana, adalah inovasi Bupati Ciamis dalam penanganan COVID-19 terbatas, terhitung dari 31 Maret -30 April 2020

Adapun Krantina Lokal Terbatas mengatur beberapa hal diantaranya, pencatatan pemeriksaan terhadap kendaraan beserta penumpang yang masuk ke wilayah Kabupaten Ciamis oleh Gugus Tugas Percepatan

Penanganan (GTPP) COVID-19 yang terdiri dari TNI, POLRI, BPBD, Dishub, dan Petugas Medis di wilayah Perbatasan Kabupaten Ciamis;

Bagi Masyarakat Pendatang yang berstatus ODP harus melaksanakan karantina sendiri di rumah masing-masing dengan mematuhi protokol kesehatan.

Bagi masyarakat yang berstatus ODP yang tidak melakukan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing sesuai protokol kesehatan sehingga menimbulkan keresahan dan membahayakan masyarakat sekitarnya akan dipanggil dan dipidana hukum oleh pihak berwenang.

Kepala Desa beserta perangkatnya sampai tingkat RT/RW membantu TNI, POLRI dalam mengawasi warganya yang berstatus ODP dan berperan aktif dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di daerahnya masing-masing, serta terus melaporkan perkembangannya ke TIM GTPP.

“Berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar Masayarakat Ciamis terhindar dari COVID-19,” katanya.

Terkait Karantina Lokal Terbatas seperti disampaikan Bupati Ciamis, Herdiat, merupakan inovasi dan kreativitas dan menjadi bukti kasih sayang kepada rakyat dalam upaya penghindaran wabah COVID-19, pungkasnya.

(14)