Pemdes Simpang Lakukan Penyemprotan Disinfektan Cegah Penyebaran Virus Covid-19

Pewarta : Dede MR

Koran SINAR PAGI, Kab.Purwakarta,- Dampak dari menjalarnya Wabah Virus Corona/Covid-19 yang mengancam kehidupan warga se-antero jagat nusantara. Saat ini, Pemerintah Pusat menginstruksikan Jajaran Pemerintah, baik Propinsi, Kabupaten hingga Tingkat Desa agar berupaya melakukan penanggulangan atau pencegahan penyebaran Wabah Virus Corona di lingkungan masyarakat masing-masing.

Seperti halnya, penanggulangan penyebaran Wabah Virus Covid-19 itu dilakukan Pihak Pemdes Simpang Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta Jabar dengan melakukan Penyemprotan Disinfektan di tiap halaman dan ruangan rumah warga Desa Simpang.

Penyemprotan Disinfektan dalam rangka mencegah atau penanggulangan penyebaran Virus Covid-19 di lingkungan masyarakat itu dibantu Petugas TNI dan Polri yakni Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Simpang berserta Warga Masyarakat Setempat.

Menurut Pjs Kades Simpang Nandang Sukendar saat memantau Penyemprotan Disinfektan di Dusun 1 Kampung Simpang Kamis (26/03/20) bahwa Pemdes Simpang dibantu Warga Masyarakat melakukan Penyemprotan di 3 Wilayah Dusun dan kebetulan hari ini dilakukan di Dusun 1 Kampung Simpang.

Penyemprotan Disinfektan di Wilayah Dusun 1 terdapat 160 Rumah, Dusun 2 sejumlah 150 rumah dan di Dusun 3 sebanyak 135 rumah dan melibatkan sedikitnya 6-7 Orang Petugas Penyemprot. Alhamdulillah, warga masyarakat pun terlihat begitu antusias membantu Petugas, sehingga Penyemprotan Disinfektan bisa berjalan cepat, aman dan kondusif,” ujar Nandang.

Dia menghimbau kepada seluruh Warga Masyarakat Simpang, setelah dilakukan upaya Penyemprotan Disinfektan ini, warga harus tetap waspada dan ikut berpartisipasi dengan menjaga kebesihan lingkungan, ikut aktif dalam penangulangan virus corona tersebut.

“Kini muncul himbauan dari Pemerintah Pusat agar di tiap desa membentuk Kelompok Kerja (Pokja) dan dipelopori Para Ketua RW untuk membangun Posko ditiap Lingkungan RW masing-masing. Artinya, agar warga sama-sama bekerja dan paham betul tentang bahayanya virus Covid-19 tersebut. Intinya, warga jangan sampai menyepelekan Wabah Corona yang mengancam kehidupan kita ini,” ujarnya.

Sementara itu, Sekdes Simpang Buhori Muslim menambahkan, Penyemprotan Disinfektan dilakukan beberapa Petugas dari mulai Kadus, Pengurus Bamusdes bahkan Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas turun tangan ikut menyemprotkan cairan penanggulangan penyebaran Virus Covid-19.

Semoga, upaya penanggulangan penyebaran Virus Covid-19 di Desa Simpang khususnya dapat mencegah dan tidak ada warga yang terkena virus mematikan tersebut. Jaga kebersihan lingkungan, sehingga kita tetap hidup sehat, aman dan nyaman.

(39)