Covid-19 Kamis 26 Maret 2020 Sumedang Satu Orang PDP Akhirnya Negatip Namun ODP Bergejala Melonjak

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang, – Satu orang PDP ( Pasien Dalam Pemantauan) yang selama ini di rawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang akhirnya dinyatakan negatip terjangkit virus Corona ( Covid-19).

Kenyataan itu diungkapkan oleh Kadiskominfosanditik Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri, saat menjadi nara sumber pada jumpa pers di Gedung Negara, pukul 16.00 Wib, Kamis ( 26/03).

“Setelah dirawat ( di RSUD ) selama 14 hari, PDP itu dinyatakan negatip dan sudah langsung pulang tadi sekitar setengah jam yang lalu ( pukul 16.00 Wib) “, ujar Iwa, juga saat ditanya koransinarpagijuara.com usai jumpa pers.

Tapi, ujarnya lagi, ODP ( Orang Dalam Pemantauan ) bergejala di Kabupaten Sumedang kini malah terjadi penambahan sebanyak 30 orang.

“ODP bergejala jumlah nya melonjak kini jadi 157 orang dari 127 orang. Ada penambahan 30 orang, jadi untuk total ODP jumlah kini 1.859 orang. Terdiri dari ODP berisiko 1.702 orang ditambah tadi ODP yang begejala 157 orang”, tandasnya.

Lonjakan itu, kata Iwa, akibat dari adanya penambahan warga yang juga pulang kampung dari daerah terkonfirnasi Covid – 19, seperti DKI Jakarta. Dengan demikian diharapkan para ODP itu bisa melakukan pengawasan mandiri, bila ada gejala panas yang tinggi juga gejala – gejala lainya yang mirip flu, untuk segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat.

“Kami juga menghimbau agar para ODP yang baru itu, bisa mengisolasi diri sendiri, dengan cara jangan dulu berinteraksi dengan orang lain selama 14 hari kedepan di rumahnya masing – masing”, ucap nya.

Dengan meningkat nya jumlah ODP, dia, juga menghimbau agar warga Sumedang bisa menahan diri untuk tidak bepergian keluar.

“:Sebaiknya (warga) bisa menahan diri dulu. Agar membatasi keluar rumah, kecuali hal yang sangat penting sekali”, pungkasnya.

(30)