Wabup.Tapanuli Tengah Tinjau Kesiapan Bandara Dr.FL Tobing Dalam Pencegahan Penyebaran COVID-19

Pewarta : Amsar Marbun

Koran SINAR PAGI, Tapanuli Tengah,- Dengan semakin merebaknya penyebaran wabah penyakit yang ditimbulkan oleh Virus Corona (Covid-19) khususnya di berbagai wilayah di Indonesia sehingga perlu dilakukan antisipasi dalam mencegah penyebaran COVID-19 dan memutus rantai penyebarannya melalui kontrol pemantauan semua pintu masuk ke wilayah Tapteng.

Bandar Udara Dr. Ferdinand Lumbantobing (Bandara Dr. FL. Tobing di Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) sebagai salah satu pintu gerbang masuk ke wilayah Tapteng dan sekitarnya, juga sudah menyiapkan langkah-langkah penanganan pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19).

Hal ini juga sebagai tindak lanjut atas penandatanganan Keputusan Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani Bersama Forkopimda Tapanuli Tengah terkait antisipasi dan pencegahan penyebaran COVID-19 tersebut

Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul melakukan peninjauan langsung kesiapan Bandar Udara Dr. Ferdinand Lumbantobing (Bandara Dr. FL. Tobing) di Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Selasa (23/03/2020) dalam melakukan antisipasi dan pencegahan penyebaran COVID-19.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya kepada pihak Bandara Dr. FL Tobing, yang telah menyediakan Virus Removal Chamber atau Bilik Penyemprotan Sterilisasi Badan untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah juga mengapresiasi kerja sama pihak Kantor Bandara Dr. FL Tobing dengan pihak Kepolisian, Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah, Puskesmas Pinangsori, dan instansi terkait lainnya.

Semoga dengan dilakukannya pencegahan ini, maka kita dapat memonitor atau mengetahui para Penumpang yang datang ke Tapanuli Tengah ini terkena Virus Corona atau tidak, serta statusnya bagaimana apakah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), atau positif COVID-19,” kata Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul.

“Tadi ada warga Australia tiba di Bandara Dr. FL Tobing ini masih tetap dalam pemantauan kita dan kira-kira 14 hari kedepan kita pantau sesuai dengan protokol dan standar operasional prosedur dalam penanganannya. Kepala Puskesmas Pinangsori sampaikan yang bersangkutan sehat dan statusnya Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Kita harus tetap memonitor terus dan ada pihak Kepolisian juga disini agar kita sama-sama mengetahui sehingga perlu kerjasama yang baik dalam melakukan pemantauan atau monitoringnya. Harapan kita, janganlah sempat ada COVID-19 di Kabupaten Tapanuli Tengah,” tutur Wakil Bupati Tapanuli Tengah.

“Pada kesempatan ini, dihimbau kepada masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah agar kiranya mematuhi aturan-aturan Pemerintah. Yang pertama, menghindari tempat-tempat ramai, kalau bisa kami mohon apabila ada rencana mau buat pesta di tunda dulu karena ada banyak sekali saya lihat menyampaikan undangan, apa salahnya diundur dulu karena yang namanya pesta pasti mendatangkan orang ramai.

Itu yang perlu kita hindari supaya masyarakat yang belum tau juga lebih paham tujuan kita untuk memutus rantai Virus Corona. Kita juga harus mengatur jarak dengan orang lain minimal 1 meter,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Kantor UPB FL Tobing Tapanuli Tengah Farel T.L. Tobing melalui Bagian Humas Bandara Dr. FL Tobing, Jansen Saragih didampingi Abdillah Chair Pane menyampaikan pihak Bandara Dr. FL. Tobing melakukan upaya antisipasi pencegahan penyebaran COVID-19 di lokasi bandara.

“Kami dari Bandar Udara Ferdinand Lumban Tobing, Tapanuli Tengah menyampaikan selalu mengikuti perkembangan pencegahan Virus Corona ini dan kami juga mengikuti Intruksi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dan secara vertikal Intruksi dari Kementerian Perhubungan dalam hal penanganan pencegahan penyebaran Virus Corona ini.

Kami dari Bandara FL Tobing, Tapanuli Tengah telah melakukan beberapa langkah-langkah, seperti menyiapkan Virus Removal Chamber (Bilik Penyemprotan Sterilisasi Badan) terhadap penumpang pesawat yang datang ke Tapanuli Tengah ini, yang mana baru kita satu-satunya di Sumatera Utara bahkan di Pul

(5)