PD Kebersihan Belum Dapat Bantuan Milyaran Pencegahan Covid 19

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, Pemerintah Kota Bandung menganggarkan Rp75 miliar untuk penanganan virus corona ( Covid-19).

Anggaran tersebut untuk memenuhi beragam kebutuhan penanganan Virus Corona hingga tuntas.

“Rp 75 miliar itu total. Untuk sosialisasi yang sekarang juga sedang terus berjalan. Nanti ada tempat pencucian tangan di ruang publik. Nanti ada 30 titik tapi nanti dipilih yang harus ada saluran airnya,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna di Balai Kota Bandung kepada wartawan belum lama ini

Setidaknya, Pemkot Bandung bisa memberikan alat pelindung atau kebutuhan medis hingga mensterilkan sejumlah fasilitas publik.

“Tempat ibadah, ruang publik seperti taman, terminal, mudah-mudahan dengan dana ini untuk kepentingan seperti itu bisa terakomodir,” jelasnya.

Ema memastikan, Pemkot Bandung terus berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

Saat ditemui media kemarin H. Iwan Setiawan Dirtekops PD Kebersihan menyampaikan seluruh Karyawan PD. Kebersihan Kota Bandung mendukung penuh arahan wali kota Bandung perihal penanganan virus corona. Mereka tidak diliburkan, tapi dengan adanya intruksi ‘social distancing’ atau ‘pembatasan sosial’ dengan cara menghindari tempat umum, menjauhi keramaian, dan menjaga jarak optimal 2 meter dari orang lain. Kebijakan itu membuat Volume sampah menurun sehingga petugas kebersihan pekerjaannya lebih ringan.

“Kita setuju dan mendukung pencegahan covid 19 ini. Sebelumnya ada arahan gubernur untuk wali kota Bandung. Kedepanya pihak PD Kebersihan untuk optimalisasi perannya terus meningkatkan kordinasi dengan pihak Dinas Kesahatan”

Kalau dilihat dengan adanya virus ini masyarakat kota Bandung serentak lebih peduli dengan kebersihan. Setelah ada kabar virus ini pihak PD Kebersihan sudah mengantisipasi dengan melindungi karyawan PD Kebersihan dengan masker alat pelindung diri hingga hand sanitizer. Dan mereka dibekali cara penangan antisipasi virus corona.

“PD Kebersihan mengajak khusus untuk masyarakat kota Bandung, agar ikuti arahan Intruksi wali kota dan pemerintah atau satuan khuhus yang menangani ini. Kebijakan itu hasil dari rapat Forkompida Bandung menghasilkan 14 kebijakan yang dituangkan dalam Surat Edaran Wali Kota Bandung Nomor: 443/SE.030-Dinkes” ungkapnya

Saat ditanya tentang bantuan dari Pemkot Bandung yang jumlahnya milyaran untuk pencegahan meluasnya Covid 19. Apakah PD Kebersihan sama memperoleh atau mengajuakan bantuan itu seperti Dinas Kesehatan?
H. Iwan menjawab “Kalau itu yang memperoleh atas nama Dinas/SKPD, kalau PD Kebersihan BUMD, jadi belum tau ada atau boleh tidaknya untuk memperoleh bantuan itu. Nanti kita kordinasi dengan pihak terkait

(10)