PMI Kota Bandung Cegahan Virus Corona Masuk Masjid

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, Dalam rangka membersihkan ruang publik dan pencegahan meluasnya virus corona. Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung menggerakan timnya untuk melakukan penyemprotan desinfektan kepada sejumlah masjid dan fasilitas publik lainnya di Kota Bandung. Masjid pertama yang diberi sterilisasi oleh tim PMI adalah Masjid Al-Ukhuwah di Jalan Watukencana, Kamis (19/3/2020).

Informasi yang dihimpun koransinarpagijuara.com dilokasi penyemprotan dimulai pukul 09:30wib. Mulai dari halaman hingga mimbar jum’at masjid.

Ketua PMI Kota Bandung Ade Koesjanto mengatakan, hari ini pihaknya mengerahkan dua tim yang masing-masing terdiri dari lima personil. Mereka melalukan penyemprotan di area dalam maupun luar masjid dengan menggunakan cairan desinfektan dan dilengkapi perangkat alat pelindung diri (APD).

Dia mengatakan saat ini perlengkapan penyemprotan masih mengandalkan milik PMI. “Kami kerjasama dengan Dinkes Bandung, alat penyemprotan sih kami ada tapi ya terbatas,” ungkapnya ketika ditemui wartawan media cetak dan online selepas penyemprotan.

Ade mengatakan, pihaknya terbuka apabila terdapat donatur yang berkenan menyumbangkan cairan desinfektan ataupun kelengkapan penyemprotan lainnya. Hal tersebut dapat dikoordinasikan langsung bai dengan PMI ataupun Dinkes Kota Bandung. “Mudah-mudahan kehadiran donatur atau perusahaan yang memiliki CSR bisa disalurkan untuk kegiatan-kegiatan seperti ini,” ungkapnya.

Pihak PMI Bandung juga membuka kesempatan warga untuk meminta penyemprotan untuk masjid di daerahnya masing-masing. Hal tersebut harus dipenuhi melalui prosedur pengiriman surat permohonan ke PMI Bandung atau Dinas Kesehatan. “Tak hanya masjid besar kami juga bisa mendatangi masjid-masjid di tingkat kecamatan yang luasannya lebih kecil. Syartanya bikin surat permohonan dan menunggu penyesuaian jadwal,” ungkapnya.

(16)