Cegah Stunting, Kades Cibodas Akan Bagikan Ikan Air Laut & Tawar

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kabupaten Bandung)-, Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Umumnya disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Dalam rangka pencegahan Stunting Kepala Desa Cibodas Pasirjambu, Wily Wirasasmita dihadapan pengurus penggerak PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) menyampaikan program pencegahan stunting di desanya. Kedepannya pemerintah desa akan memiliki Freezer  pembeku daging ikan agar tetap berkualitas dengan sumber dana APBDesa.  Nanti ada anggarannya untuk pembagian ikan laut atau tawar yang akan disalurkan melalui PKK.

Selain itu juga pemerintah desa fokus memberikan layanan air bersih dengan sumber sumur bor untuk kesehatan warganya. Hingga pengadaan septic tank komunal atau sistem pengelolaan air limbah domestik agar lingkungan lebih bersih. Warga diharapkan lebih peka terhadap lingkungannya dengan mendukung program pemerintah dalam penanganan sampah.

Wily juga mengajak agar warga memanfaatkan fasilitas umum yang dibangun pemerintah desa untuk kegiatan kemasyarakatan. Ada sarana olahraga silahkan gunakan untuk olahraga biar kita lebih bugar.

(38)