FKSS Jabar Keluarkan 7 Pernyataan Terkait Penanganan Kasus Sekolah Di Yogyakarta

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia atau PB PGRI sempat mengutarakan kegeraman mereka ketika mengetahui tiga pembina pramuka SMPN 1 Turi, Sleman yang ditetapkan sebagai tersangka insiden susur sungai itu dicukur botak oleh Polisi.

“Pak Polisi, kami marah dan geram. Tak sepatutnya para guru-guru kau giring di jalanan dan dibotakin seperti kriminal tak terampuni,” tulis admin dalam akun twitter resmi PB PGRI, @PBPGRI_OFFICIAL pada Selasa, 25 Februari 2020.

Mereka memang salah, tapi program Pramuka itu legal dan jadi agenda pendidikan. Jangan ulangi lagi! Sebelum semua guru turun,” lanjut cuitan itu.

Sebagai solidaritas  Ketua Umum Forum Kepala Sekolah SMA Swasta (FKSS JABAR), Ade D Hendriana S.H bersikap dengan mengeluarkan 7 peryataan terkait Kasus hukum pembina Pramuka SMPN 1 Turi Sleman Yogyakarta :

1. Kami mendukung proses hukum guru SMP N 1 Turi Sleman Yogyakarta yang terlibat dalam kelalaian sehingga mengakibatkan korban nyawa siswa dalam kegiatan Pramuka.

2. Meminta kepada pihak Kepolisian untuk memperlakukan mereka sebaik-baiknya dalam proses hukum tersebut dengan menganut asas praduga tak bersalah. Bagaimanapun mereka adalah guru dan pendidik. Kehormatan guru mesti ditegakan dengan adil saat penegakan hukum  ditegakan

3. Meminta kepada organisasi profesi (PGRI, FAGI Dll) untuk memberikan pendampingan hukum.

4. Menghimbau kepada Guru di seluruh Indonesia untuk menahan diri, dan tidak terpancing oleh isu-isu yang belum tentu kebenarannya.

5. Meminta kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan investigasi secara menyeluruh terkait masalah tersebut, sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali.

6. Kami berduka atas meninggalnya adik-adik siswa SMP Negeri 1 Turi Sleman Yogyakarta, semoga amal baik mereka diterima oleh Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa dan diampuni segala kesalahannya.

7. Semoga keluarga yang ditinghalkannya diberikan kesabaran

(149)