Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Gulirkan Berbagai Program Unggulan di Tahun 2020

Pewarta : Avenk

Koran SINAR PAGI, Kota Sukabumi,- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Nike Siti Rahayu mengungkapkan, yang menjadi issue strategis pada Bidang Pendidikan adalah terkait Akses, Mutu dan Daya Saing, sementara untuk Bidang Kebudayaan meliputi Penggalian, Pemeliharaan dan Pelestarian Budaya yang dimiliki Kota Sukabumi dengan melengkapi sarana dan prasarananya.

Hal ini diungkapkan Nike dalam acara Coffee Morning yang diadakan Pemerintah Kota Sukabumi, melalui Bagian Ekonomi dan Pembangunan, Selasa (25/02/20).

Berikut beberapa program unggulan berbasis digital yang digulirkan Dinas Pendidikan Kota Sukabumi yakni,

Si Legit (Sistem Literasi Digital), yakni pembuatan bahan ajar untuk kemudian dimuat di web, menurut Nike, program ini dilaksanakan dalam rangka mempermudah baik guru maupun siswa untuk mendapatkan bahan ajar, sehingga kedepan tidak ada lagi pengadaan Lembaran Kerja Siswa (LKS) dari luar.

Si Incu (Sistem Informasi Inklusi Center Unit), aplikasi ini disediakan untuk memfasilitasi anak inklusi dalam mendapatkan akses pendidikan

Selanjutnya ada Si Pulpen (Sistem Informasi Pusat Layanan Pendidikan), sistem aplikasi untuk melakukan proses manajerial dan pengelolaan data dan informasi pendidikan, dan Si Kabayan (Sistem Aplikasi Kebudayaan) serta Si Raksa.

Selain itu, untuk mengurangi terjadi hal – hal yang tidak diharapkan dari para siswa, seperti tawuran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan kegiatan Student Camp.

“Program ini digulirkan untuk membentuk karaktek remaja dan pelajar agar menjadi generasi hebat dan luar biasa serta berprestasi dalam menghadapi perkembangan zaman,” ucap Nike.

Nanti, tambahnya, Student Camp akan dilaksanakan lebih sederhana, “Dalam pelaksanaannya nanti tidak usah harus camping seperti Pramuka, yang penting adalah, maksud dan tujuan dari kegiatan ini tersampaikan dan membuahkan hasil sesuai dengan harapan,” tandasnya.

(17)