Wali Kota Bandung Ajak Lurah Jadi Teladan Melalui Sambut Berkah Subuh

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, Pemimpin itu harus amanah, ikhlas dan menjadi suri teladan. Pun para lurah, pemimpin kelurahan itu, wajib menjadi suri teladan warganya. Lurah juga wajib melayani warganya.

Ini yang disampaikan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial pada kegiatan Berkah Subuh (Bersama Kajian Hikmah Subuh) yang digelar di Ruang Arab, Pendopo Kota Bandung, Jumat (14/2/2020). Berkah Subuh kali ini diikuti oleh 15 lurah.

“Membagi waktu melayani masyarakat dan diri sendiri harus dipisahkan. Menjadi sebuah amanah, pemimpin perlu memiliki sifat ikhlas mengayomi masyarakat,” kata Mang Oded.

Menurutnya, jika telah menjadi suri teladan atau contoh yang baik, maka para lurah pasti akan dengan mudah melaksanakan tugas-tugasnya. Jika kondisinya telah ideal, maka sejumlah program Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bisa tercapai.

Salah satu program yang harus dilaksanakan, yaitu program pengelolaan sampah menggunakan konsep Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan). Para lurah harus menjadi penggerak utama program ini.

“Tugas utama para lurah ini sebagai tangan kanan Mang Oded. Punya andil guna mengedukasi masyarakat. Sosialisasikan dan edukasi warga tentang Kang Pisman. Desentralisasikan pengolahan sampah agar bisa terselesaikan di tingkat RW,” pinta Mang Oded.

Menurut Staf Bagian Administrasi Umum Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung, Devonia, materi kajian Berkah Subuh berkesinambungan dengan tugas pokok dan funggsi seorang lurah.

“Prioritas dari seorang lurah ialah mementingkan hal umum dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tersosialisasikannya program pemerintah itu tergantung pada lurahnya,” kata Devonia.

Devonia menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan sepakan dua kali. Setiap penyelenggaraannya mengundang 15 lurah. Acara ini dimulai dari salat Subuh berjemaah, kajian, dan dilanjutkan dengan sarapan bersama.

Kegiatan Subuh Berkah kali ini mengundang 15 peserta, yaitu Lurah Sukarasa, Sarijadi, Taman Sari, Sukabungah, Cibangkong, Cijagra, Cigereleng, Dago, Cicaheum, Warung Muncang, Sekejati, Wates, Cisaranten Wetan, Jatihandap, dan Lurah Pasir Impun

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90