Program Jabar Caang 2020 Ditargetkan Untuk 20.000 Rumah Teraliri Listrik

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Jabar Ir. Bambang Tirtoyuliono, MM menggelar acara “ESDM JABAR NGOMEDI (ngobrol ama media)”, acara yang dikemas dengan obrolan santai ini dihadiri Kepala Bidang Ketenagalistrikan Ai Saadiyah D., ST., MT, Kepala Bidang Air Tanah Ir. Achmad Fadillah, MM, Kepala UPTD Laboratorium ESDM Ali Hamid, S.Si., M.Si dan staf Dinas ESDM, serta beberapa wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik.

Ir. Bambang Tirtoyuliono, MM mengungkapkan, banyak upaya yang telah dilakukan Dinas ESDM diantaranya sektor ketenagalistrikan, pertambangan, air tanah dan energi. Meskipun dalam pelaksanaan di lapangan masih ada kekurangan, hal tersebut bisa diperbaiki dengan adanya bantuan dan dukungan dari teman-teman media.

Rasio elektrifikasi Jawa Barat sudah mencapai 99,99%, kita punya program Jabar Caang, kita sudah melakukan banyak inovasi salah satunya skema pembangunan dengan dana CSR yang melibatkan stakeholder baik PLN maupun pihak swasta.

Hal senada diungkapkan Kepala Bidang Ketenagalistrikan Ai Saadiyah D., ST., MT program Jabar Caang 2020 dengan skema dana CSR akan segera dilakukan sebanyak 20.000 rumah masyarakat yang belum teraliri listrik. Masyarakat yang belum berlistrik tersebar diberbagai pelosok Jawa Barat, tapi diprioritaskan dulu untuk rasio elektrifikasinya sangat rendah, diantaranya daerah Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran.

Kepala Bidang Air Tanah Ir. Achmad Fadillah, MM menyampaikan, pemanfaatan air tanah harus berdasarkan azas konservasi, pemanfaatan air tanah merupakan alternatif terakhir sebagai sumber air baku setelah air permukaan.

Pada acara tersebut banyak masukan- masukan dari wartawan yang harus diperbaiki pihak ESDM, dan diakhir pertemuan para wartawan mengapresiasi acara “ESDM JABAR NGOMEDI” ini. Harapannya forum ini menjadi sarana komunikasi dan diskusi yang lebih intensif lagi antara pihak ESDM Jabar dengan media untuk pembangunan di Jawa Barat. (Sumber: Humas Dinas ESDM Jabar)

(6)