Test Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Formasi Tahun 2019, di Balekota Tasikmalaya

Pewarta : Fitri
Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Hari pertama pelaksanan test Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Formasi Tahun 2019, di Balekota Tasikmalaya, Selasa (4/2/2020), berlangsung lancar dan kondusif, 1.200 peserta sejak pagi sudah memenuhi pelataran halaman balekota. Diantara beberapa peserta ada dari Cianjur, Bekasi dan daerah lainnya.

Pada hari pertama untuk Kabupaten Garut diikuti 1.200 peserta dibagi dalam 5 sesi dengan waktu 1,5 Jam per sesi. SKD CPNS ini berlangsung menggunakan komputer atau Computer Assisted Test (CAT) yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan langsung dipantau oleh DPRD Kabupaten Garut bersama Sekeretaris Daerah Garut, Ir. Deni Suherlan.

Wakil Ketua DPRD Garut, Agus Hamdani GS, mengatakan, hari ini pihaknya bersama Komisi I DPRD Garut langsung memantau jalannya proses seleksi di Kota Tasikmalaya. “Peserta terlihat saat memasuki ruangan test lancara, menunggu giliran. Kita pantau bagaimana proses seleksinya,” ujarnya, Selasa (4/2/2020).

Dikatakan Agus, dalam proses selesi CPNS setiap peserta mendapatkan fasilitas satu unit komputer yang disediakan oleh panitia penerimaan. Selain mendapatkan fasilitas, proses menggunakan sistem CAT hasilnya bisa diketahui langsung oleh setiap peserta.

“Setiap peserta bisa langsung mengetahui hasilnya setelah melakukan pengisian soal menggunakan komputer,” ucapnya.

Sementara anggota Komisi I DPRD Garut, Dadang Sudrajat, mengatakan dengan sistem CAT tingkat kecurangan tidak akan terjadi. Yang mana setiap peserta dalam melakukan pengisian soalnya berbeda dengan peserta yang bersamaan melakukan test.

“Hasilnya dengan CAT, akan objektif nilai bisa langsung diketahui oleh peserta. Kecuarangan juga sangat minim terjadi jika menggunakan sistem ini,”

Dadang menuturkan, proses seleksi dibagi menjadi tiga sesi untuk setiap pesertanya. Apalagi jumlah peserta dari Kabupaten Garut mencapai 18755 peserta.

“Test berjalan dengan kondusif saat mulai peserta masuk sampai proses penilaian. Setiap peserta dilayani dengan baik oleh panitia. Saya tegaskan untuk kecurangan sangat sulit terjadi apalagi kebocoran soal,” ujarnya.

Dalam test tersebut, salah seorang peserta test, Rani (30), menuturkan, ia diantar suami dan putri kecilnya berikut sang ibu yang setia mendampingi. Rani selain harus berjuang meraih harapannya, juga melawan sakitnya, hingga ia harus dibantu kursi roda selama mengikuti tes. “Saya terpaksa ijin ke rumah sakit, meski harus menahan sakit sekitar pinggang ini,” ujarnya Rani yang sakit mengalami sakit selama dua bulan.

Meski demikian Rani menyatakan rasa optimisnya meraih cita-citanya sebagai PNS Guru SD. “Kalau lihat tadi CAT saya diatas passing grade. Tadi nilai 135,” ungkap Rani yang mengabdi sebagai guru honorer di salah satu SD di Kecamatan Cibatu,

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Formasi Tahun 2019 Tahun Anggaran 2020 Wilayah Priangan Timur, dimulai sejak Sabtu (01/02/20), Sedangkan untuk Kabupaten Garut di mulai tanggal 4 s.d. 13 Februari, dengan total peserta 18.755 orang.

(10)