Polres Sukabumi Bentuk Rayonisasi Siaga Antisipasi Kamtibmas

Pewarta : Ayi Suherman

Koran SINAR PAGI, Kab.Sukabumi,- Menyikapi perkembangan situasi kamtibmas akhir – akhir ini, serta terjadinya bentrok ormas di Kecamatan Sukalarang Kab.Sukabumi Palabuhanratu Sabtu (25//1/20).

Wilayah hukum Polresta Sukabumi juga letak Polsek yang ada di Polres Sukabumi yang secara geografis letaknya berjauhan, maka untuk memudahkan mobilisasi dan konsolidasi personil.

Kapolres Sukabumi, AKBP Nuredy Irwansyah Putra Harahap mengambil kebijakan untuk membentuk rayonisasi Polsek dimana Polsek-Polsek, personilnya akan bersiaga setiap harinya secara gabungan dalam satu rayon dipimpin oleh Pama atau Bintara tinggi, dan pada akhir pekan dipimpin langsung oleh para Kapolsek secara bergantian.

Perintah rayonisasi siaga yang di mulai pada hari Sabtu (25/01/20) membagi polsek dalam beberapa rayon antara lain rayon utara, rayon barat, rayon tengah dan rayon selatan.

Selain di Polsek di Polres Sukabumi diatur Pawas yang akan memimpin anggota opsnal setiap satuan fungsi setiap harinya bersiaga.

Kapolres Sukabumi AKBP Nuredy menyatakan pembentukan rayonisasi siaga Polsek dan siaga Pawas di Polres, guna memudahkan konsolidasi dan pergeseran personil dalam waktu yang cepat ketika terjadi gangguan kamtibmas yang membutuhkan kehadiran anggota Polri.

Pembentukan rayonisasi siaga ini sebagai bentuk antisipasi polres sukabumi, untuk menyikapi dinamika situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Sukabumi, atau juga sebagai persiapan bantuan BKO kepada Polres terdekat.

Namun demikian pergerakan dan pergeseran personil merupakan kewenangan Kapolres atau juga bisa Wakapolres dan Kabag Ops atas seizin Kapolres, pungkasnya.

(7)