Bupati Ingin Percepatan Program Rutilahu Lengkongjaya

Pewarta : Agus Lukman

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Bupati Garut, Rudy Gunawan tinjau lokasi lokasi program bantuan Rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Kelurahan Lengkongjaya kecamatan Karangpawitan. Dalam giat tersebut Bupati didampingi langsung Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman, Eded Komala.

Bupati Garut yang biasa disebut Rudy ini, mengutarakan keprihatinannya atas kondisi rumah-rumah yang telah ditinjaunya. Dari berberapa rumah yang ditinjau, Rudy menginginkan agar program Rutilahu segera dilaksanakan karena kondisi rumah warga perlu segera dibenahi, salah satunya rumah milik Mak Min di kampung Tambakan, Kelurahan Lengkongjaya.

“Saya minta secepatnya diperbaiki rumahnya, terutama rumah Mak Min kampung Tambakan kelurahan Lengkongjaya yang memprihatinkan, sangat perlu sekali secepatnya dibangun” ungkap Rudy dihapan tim Disperkim yang juga dihadiri oleh Forkompimdes, Satpol PP, Dishub dan Diskominfo Kab. Garut

Rudy memaparkan bahwa saat ini terdapat 45.000 – 50.000 rumah tidak layak yang tersebar di wilayah kabupaten Garut dan terus menjadi salah satu perhatian utama pemerintah daerah.

“Tentunya ini menjadi tanggung jawab Pemerintah daerah, namun secara bertahap setiap tahunnya sedikit demi sedikit permasalahan ini kita akan atasi setiap tahunnya melalui anggaran yang ada ada di APBN, APBD Prov, ABBD kabupaten, CSR serta Baznas Garut,” Paparnya.

Menanggapai intruksi Bupati, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Eded Komala menyatakan, program Rutilahu di kelurahan Lengkongjaya ini secepatnya dilaksanakan. “Saat ini kami akan berkordinasi dengan kelurahan untuk mencari tukang yang akan bekerja memperbaiki rumah itu, dalam 2 atau 3 hari perbaikan rumah sudah bisa dilaksanakan,” terangnya.

(19)