Forum Ormas Bandung Raya & Wali Kota Ajak Meneladani Kehidupan Nabi Muhammad Shalallaahu ‘Alayhi Wasallam

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Ariifn

Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, Forum Ormas Se Bandung Raya menyelenggarakan Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, di Jalan H. Mukti V RT 09 RW 06, Kelurahan Situsaeur, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jumat (10/1/2020) malam. Hadir dalam acara tersebut, Wali kota Bandung, Kesbangpol Kota Bandung, Polsek, Koramil, Camat Bojongloa Kidul, Karang Taruna, ulama dari berbagai pesantren dan warga masyarakat kota Bandung.

Ketua Forum Ormas Se Bandung Raya, sebagai ketua pelaksana Akhyad S.H dalam sambutannya menyampaikan program ini sebagai bentuk membangun Kota Bandung yang kondusif. Kalau bicara kondusif dari sinilah sumbernya. Bersatunya masyarakat dengan pimpinannya. Melalui acara ini kita sambut awal tahun baru dengan meneladani ahlak Nabi dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mewujudkan Bandung yang kondusif. ucapnya

Setelah memberi sambutan, Akhyad mempersilahkan Wali Kota untuk memberikan ceramahnya. Hal ini langsung disambut wali kota Bandung.

Dalam ceramahnya, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyampaikan surat Al-Imron ayat 159. “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu”

Ayat tersebut menjelaskan islam tersebar ke masyarakat mengutamakan kasih sayang bukan kekerasan. Saat nabi dakwah ke Thoif lalu dilempari batu, beliau didatangi malaikat. Dan menawari agar masyarakat yang dzolim padanya ditimpakan azab. Namun nabi justu memilih mendo’akan mereka hingga keturunannya mendapatkan hidayah untuk masuk islam. Kalau kita didzolimi do’akan yang baik, jangan dendam, ungkapnya kepada jama’ah yang hadir.

Pada ahir ceramahnya Oded, mengajak terus menyosialisasikan program unggulan lingkungan yakni Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman) kepada warga Kecamatan Bojongloa Kidul. Menurutnya, program tersebut sangat tepat untuk mengatasi permasalahan sampah di Kota Bandung.

“Warga di sini harus melaksanakan Kang Pisman. Belajar memilah memilih sampah mulai dari rumah masing – masing,” ujarnya

“Mang Oded berkeliling bertemu warga sekaligus menjelaskan mengenai Kang Pisman. Ini harus kita pahami dan implementasikan supaya rumah, lingkungan dan Kota Bandung ini nyaman dihuni oleh warganya,” imbuh Oded.

Agar semakin bersih lingkungan, Oded pun menyarankan agar masyarakat memiliki tempat pemilahan sampah yang baik. Di setiap rumah perlu ada tempat sampah yang organik dan anorganik.

“Di rumah, kita sediakan tempat sampah organik dan anorganik. Manfaatkan sampah. Contohnya organik yang bisa menjadi pupuk. Anorganik yang bisa bernilai ekonomi,” kata Oded.

Pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Oded juga berpesan agar masyarakat memiliki sifat seperti Rasul, yaitu memiliki sifat memperhatikan sekaligus mencintai lingkungan.

“Kita harus bersih dan cinta lingkungan. Setiap ada yang bisa dimanfaatkan coba kita manfaatkan sebaik mungkin. Bersih itu sebagai dari iman, maka warga Bandung harus bersih dalam menjaga lingkungannya,” kata Oded.

Informasi yang dihimpun koransinarpagijuara.com dilokasi, acara tersebut berlangsung hingga dini hari. Dengan diisi ceramah oleh ulama dari Ponpes As-shifa walmuhammadiyah, Abuya KH. Muhyiddi Abdul Qodir Al-manafi M.A, KH. Ahmad Maulana Jamaludin (H.Ule) dan Ustadz H.Muarram.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90