Gempa 5,1 SR, Bupati Garut : Akan Adanya Pengecekan

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Gempa Mag:5.1 SR yang berlokasi di 8.15 LS,107.34 BT 120 KM Barat Daya Kabupaten Garut JABAR dengan Kedalaman 10 KM. Bupati Garut belum ada laporan terkait hal itu.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan akan ada pengecekan setelah ini dan Kepala BPBD akan ke Selatan.

“Kita sudah siap dengan bencana-bencana seperti ini, kita lakukan hal uang preventif sebab kemarin saya bersama BMKG nasional, bahwa Jawa barat bagian selatan harus siap-siap karena amit-amit terkait akan adanya gempa besar disebut mega tras,” ucapnya, Senin (06/01/20).

Dikatakannya, Pihaknya sudah ada SOP terkait mereka-mereka yang terkena dampak, dan sudah akan melakukan tindakan pertama menyelamatkan jiwa terlebih dahulu, setelah itu baru menyelamatkan benda.

“Kami akan lakukan full ketika kami ada laporan dari camat, dan ada yang namanya saluran bencana, jadi ada laporan kebencanaan melalui quick respon, ke sana kita menggunakan waktu 3 jam itu berjarak 140 KM,” tandasnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut, Firman Karyadin membenarkan adanya gempa tersebut. “Gempa tersebut ada di Barat Daya selatan tepatnya samudra hindia yang di prediksi 5,1 SR dan jatuhnya 5,0 SR,” ungkapnya.

Sementara belum ada kerusakan dan menghimbau kepada warga masyarakat jika ada yang rumahnya terkena riskan atau retakan. Gemmpa tersebut belum ada indikasi susulan tapi tetap pihaknya akan menginformasikan dengan kondisi seperti tadi, harus siaga dan waspada.

“Kita akan memantau titik di mana sebenarnya saat ini terjadi,” pungkasnya.

(98)