Libatkan 5.555 Orang Penari, Tari Umbul Jadi Hiburan Akhir Tahun Di Sumedang

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang,- Tari Umbul yang merupakan salah satu tarian tradisional orang Sunda khusus nya orang Sumedang ini akan menjadi acara puncak penutup tahun 2019 di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Tarian yang melibatkan 5.555 orang penari dari 270 desa di Kabupaten Sumedang ini akan di gelar pada Selasa, 31 Desember 2019, pukul 09.00 Wib di area Satker Bendungan Jatigede, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang,.

Seperti dikatakan Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir di akun FB nya bernama Dony Ahmad Munir, Kamis (12/12/19).

“Menutup akhir tahun 2019 dan menyambut tahun 2020, Pemkab Sumedang menggelar tari kolosal (Umbul – red) di area Dam Bendungan Jatigede”, ujar nya.

Dikatakan dia, kenapa disebut kolosal karena tarian ini melibatkan 5.555 penari dari 270 desa yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Tari ini merupakan tarian penyambutan tamu agung. Gerakan lambaian tangan dan goyangan badan berarti menyambut, atau bahasa Sunda-nya ngahiap-hiap tamu agung”, jelas nya.

Selain itu, kata dia, di malam hari menjelang pergantian tahun pun, kembang api akan dilepaskan dari pulau-pulau yang ada di Bendungan Jatigede.

“Pesta kembang api itu akan menjadi hiburan kedua setelah siangnya menggelar tari Umbul”, jelas nya kepada koransinarpagijuara.com.

(192)