introduction and thesis statement johns hopkins essay prompt undergraduate risk management essay topics global warming expository essay annotated bibliography essay example

Peringati HKN Ke-55 Pemkab Ogan Ilir, Diwarnai Dengan Pemberian Penghargaan

Pewarta: Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 Tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir diwarnai dengan pemberian Penghargaan kepada lembaga yang berkontribusi besar terhadap bidang kesehatan di Ogan Ilir, Selasa (03/12/2019) bertempat di SMPN Pemulutan Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir.

Bupati Ogan Ilir, HM Ilyas Panji Alam menyampaikan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia bahwa Hari Kesehatan Nasional (HKN),“Generasi Sehat Indonesia Unggul” ini untuk mewujudkan pembangunan kesehatan sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang Dasar 1945 telah mencapai hasil yang menggembirakan.

Bupati OI juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten OI untuk membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

“Pembangunan Kesehatan kita telah berkontribusi dalam pembangunan manusia dengan meningkatkan nilai Indeks Pembangunan Manusia dan Usia Harapan Hidup. Meningkatnya indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) tahun 2018 adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan sepanjang lima tahun terakhir ini. Antara lain menurunnya angka Stunting balita, angka kematian ibu, dan angka kematian neonatal,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, hal tersebut menunjukkan bahwa kerjasama kita telah berhasil mempersiapkan Generasi Sehat untuk Indonesia Unggul pada tahun 2045.

“Kita berharap Generasi Sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM Unggul yang akan mengisi 100 Tahun Indonesia Merdeka saat bonus Demografi nanti, mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera,” imbuhnya.

Dia berharap agar rangkaian kegiatan memperingati HKN ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat dan menjadi ajang mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat.

Dalam kesempatan ini Bupati OI juga memberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan, pemberian penghargaan kepada Camat Tanjung Raja, Kepala Desa Pipa Putih, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Selain itu, dilakukan juga pembagian baju secara simbolis kepada para kader, mengikuti atraksi gerakan senam tolak stunting, senam cuci tangan dan terakhir dilakukan acara pelepasan burung.

Berbagai kegiatan digelar dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 mulai dari, donor darah, pelayanan KB, sunatan massal di Puskesmas pegayut.

Diakhir Upacara Bupati HM Ilyas Panji Alam didampingi Kadinkes Kabupaten Ogan Ilir, Dr.Nurharlinah mengunjungi Puskesmas Pegayut, untuk meninjau kondisi dan pelayanan yang ada, sehingga masyarakat yang datang bisa yakin jika berobat di Puskesmas agar bisa sembuh dan sehat kembali.

Selain Bupati HM Ilyas Panji Alam dan KaDinkes Dr.Nurharlinah, acara ini dihadiri pula oleh Ketua DPRD Suharto, Sekda H.Herman, Asisten, Kepala OPD, Camat, Kepala UPTD Puskesmas, Organisasi Profesi se-Kabupaten Ogan Ilir dan berbagai kalangan dari lintas instansi terkait lainnya.

(11)