story writing online ap essay vocalvores how to start an intro for an essay youtube culture essay writing an effective essay horse arm soils in essay

Desa Sukalilah, Kab.Garut Gelar Gebyar Budaya dan Sosialisasi Internet Sehat

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Mengenalkan internet sehat kepada masyarakat, Desa Sukalilah Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut mengundang Diskominfo Jawa Barat mengadakan Gebyar Budaya dan Sosialisasi Internet Sehat yang diselenggarakan di Lapang Naratas Kp.Payung Desa Sukalilah.

Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan Kesenian abambu Karinding, Pencak Silat, Seni Lais, Seni Gondang dan yang lainnya.

Ketua Relawan TIK Jawa Barat Mitra Diskominfo Jabar, Muh NurFajar Muharom, mengatakan kegiatan ini untuk mengedukasi serta menyediakan layanan kesehatan dan layanan digital. Sementara dari pihak desa menyediakan tempat dan hiburan.

“Setiap minggu kami keliling dengan membawa mobil layanan digital, dan ini kegiatan rutin dari Diskominfo Jabar bekerja sama bersama relawan TIK Jabar, DOCTA, Jabar Saber hoax dan dari edubox,” ucapnya, Minggu (01/12/19).

Menurutnya, untuk mengurangi dampak negatif dari internet, dengan edukasi sehat, literasi digital, dan menyediakan website seperti Instagram yaitu Diskominfo Jabar dan di sana mengenal kan informasi-informasi diskominfo Jabar seperti menangkal hoax, privasi digital dan yang lainnya.

“Harapannya ke depan bahwa masyarakat desa dengan adanya kegiatan seperti ini jangan selesai hanya pada Diskominfo saja, diharapkan ke depan desa bisa mengadakan kegiatan ini sendiri,” tandasnya.

Sementara Kepala Desa Sukalilah, Yudi Jaelani, mengatakan kedepannya akan mengadakan perkenalan lebih detail mengenai internet sehat.

“Nanti Diskominfo dapat mensosialisasikan langsung diruangan dan ke depan kita akan menggunakan dana yang ada di desa untuk di arahkan pada pelatihan komputer agar faham cara menggunakan internet yang sehat, jangan sampai pegang HP itu hanya sekedar WA dan Facebook, sementara di situ ada undang-undang ITE terutama jangan sampai tersandung dengan menyebarkan hal-hal yang tidak baik,” ucapnya.

(42)