how to write a thesis book how to cite mla format in essay how to write good english apa book review sample paper rogerian style essay free will essay

Ambu Anne Ratna Mustika Dinanti Tinjau Posyandu Desa Sukamanah

Pewarta : DM Ramlan

Koran SINAR PAGI, Purwakartayat,- Fasilitas Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu) Desa Sukamanah Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta butuh perhatian Pemkab Purwakarta dalam hal ini Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika.

Pasalnya, dari 4 Posyandu yang ada di Desa Sukamanah, baru 2 Bangunan Posyandu yang berdiri, sehingga, Bidan Desa dan Para Kader Posyandu dalam melakukan kegiatan melayani kesehatan warga masyarakat setempat mengalami kendala.

Sekdes Sukamanah, Uen Supiana saat dimintai keterangan awak media, kemarin menuturkan di Desa Sukamanah memang ada 4 Posyandu, namun, bangunan baru 2 Posyandu berdiri berlokasi di Wilayah Lingkungan RT 1 dan 4. Sedangkan, di Wilayah Lingkungan RT 2 dan 3 belum memiliki Bangunan Posyandu.

“Bangunan Posyandu terletak di RT 1 dan 4 itu dibangun menggunakan Dana PNPM tahun 2009. Namun, sayangnya untuk Wilayah RT 2 dan 3 saat itu belum teralokasikan bisa Membangun Posyandu. Pihak Pemdes Sukamanah, sebelumnya memang pernah berupaya koordinasi dengan Pihak Pemerintah Kecamatan Bojong maupun Dinas Kesehatan. Sebetulnya dana untuk Membangun Posyandu itu ada. Namun, kami sampai saat ini terkendala soal lokasi tanah untuk mendirikan bangunannya,” ungkapnya.

Masih menurut Uen Supiana, untuk pengajuan anggaran ke Pemkab Purwakarta atau Hibah Banprop Propinsi Jabar bisa dilakukan, namun, anggaran yang diajukan hanya sebatas untuk membangun dan tidak ada anggaran untuk membeli tanah.

“Kami, sudah lakukan mediasi dan sosialisasi dengan Warga di Lingkungan RT 2 dan 3 membahas agar kiranya ada warga yang mau memberikan hibah tanah. Namun, upaya kami kandas dan hingga saat ini tidak ada seorang warga pun siap memberikan tanah hibah untuk Membangun Posyandu tersebut,” katanya.

Uen menambahkan, Pemdes Sukamanah berharap kepada Pihak Pemkab Purwakarta agar memperhatikan sekaligus memberikan bantuan anggaran khusus pembelian tanah untuk membangun Posyandu di Wilayah Lingkungan RT 2 dan 3 tersebut, sehingga, segala aktivitas dan kegiatan Bidan Desa dan Kader Posyandu akan aman dan nyaman jika sudah memiliki Bangunan Posyandu nantinya, pungkas Uen.

(29)