mla work cited novel persuasive essay on euthanasia definition essay thesis how to start my research paper sample middle school essay

240 Desa di Kab.Sukabumi Melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Serentak

Pewarta : Ayi Suherman

Koran SINAR PAGI, Kab.Sukabumi,- 240 dari 381 desa di Kabupaten Sukabumi, Minggu (17/11/19) melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak. Dari jumlah tersebut Kabupaten Sukabumi menjadi penyelenggara Pilkades terbesar kedua di Provinsi Jawa Barat setelah Kabupaten Bogor.

Anggaran yang dikucurkan untuk Pilkades di Kab.Sukabumi sebesar lebih kurang mencapai Rp.19,2 miliar.

Tahapan pemilihan kepala desa dari awal sampai terlaksananya pemilihan semuanya dibiayai oleh APBD Pemerintah Daerah Kab.Sukabumi.

Pantauan dilapangan, warga di 6 (enam) desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak di Kecamatan Palabuhanratu tampak antusias mendatangi tempat pemungutan suara.

Berikut jumlah pemilih dari enam desa yang melaksanakan pemilihan yang ada di Kecamatan Palabuhanratu,
1. Desa Cimanggu dengan jumlah pemilih, 3.545 orang,
2. Desa Buniwangi dengan jumlah pemilih 4.053 orang,
3. Desa Citepus dengan jumlah pemilih, 9.154 orang,
4. Desa Jayanti dengan jumlah pemilih, 4.738 orang dan,
5. Desa Cikadu dengan jumlah pemilih 6.248 orang, serta
6. Desa Tonjong dengan jumlah pemilih 5.173 orang.

Jumlah total keseluruhan pemilih dari 6 (enam) desa yang ada di kecamatan Palabuhanratu 32.911 pemilih.

Menurut Camat Palabuhanratu, Ahmad Samsul Bahri, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Pemkab.Sukabumi dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) serta pihak keamanan dari Polsek dan Koramil untuk kelancaran dan keamanan Pilkades tersebut.

“Kami berharap kepada masyarakat yang mempunyai hak pilihnya dapat menyalurkan hak suaranya dan dapat memilih pemimpin desanya yang bisa mensejahterakan masyarakat desa,” ujarnya.

Dia juga berharap Pilkades serentak ini berjalan damai sesuai apa yang diharapkan, “Siapapun kepala desa yang terpilih dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan pemerintah,” pungkasnya.

(46)